MGMP BK Subrayon 01 dan 04 Kembali Gelar KKG Virtual

MGMP Bimbingan dan Konseling Subrayon 01 dan 04 menggelar Kegiatan Kolektif Guru (KKG) secara virtual pada Selasa, 24 Agustus 2021 mulai pukul 08.00 WIB. KKG pada pertemuan ini masih dilaksanakan secara virtual karena belum berakhirnya pandemi Covid 19 dan penerapan PPKM di Kabupaten Wonogiri. Kegiatan ini mengusung materi “Evaluasi, Analisis dan Tindak Lanjut Layanan BK dan Laporan Pelaksanaan Program BK”.  Kegiatan yang dipandu oleh Ade Anandayu sebagai pembawa acara ini dihadiri oleh 53 peserta KKG.

Setelah pembukaan dilaksanakan, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Winoto, ketua MGBK Subrayon 01. Dalam sambutannya, Winoto meminta kepada seluruh guru BK di Kabupaten Wonogiri untuk senantiasa aktif dalam mengikuti KKG. Melalui KKG inilah guru BK di Wonogiri bisa meningkatkan kompetensi dan juga sebagai wadah untuk mencari solusi Ketika terdapat masalah dalam pembelajaran. Setelah Winoto, sambutan berikutnya dari ketua MGBK Rayon Kabupaten Wonogiri, Sumarno yang memberikan informasi kepada peserta berkenaan dengan LKS dan P3K.

Acara berlanjut dengan penyampaian materi KKG oleh Hardiyo, guru BK SMP Negeri 2 Ngadirojo. Materi pertama yaitu evaluasi, analisis dan tindak lanjut layanan BK. Pada sesi ini Hardiyo menyampaikan bahwa semua layanan BK harus dilakukan evaluasi, analisis dan tindak lanjut. Selanjutnya beliau memberikan contoh berkenaan dengan cara mengevaluasi, menganalisis dan bagaimana menyusun RTL nya. Tiga kegiatan ini merupakan serangkaian yang tidak terpisahkan dan berkesinambungan untuk mendapatkan rekomendasi pada program BK selanjutnya. Penyampaian materi berikutnya tentang penyusunan laporan pelaksannaan BK semester maupun tahunan. Hardiyo menyampaikan bahwa kedua laporan tersebut memiliki arah yang berbeda, seperti yang beliau contohkan pada paparannya. Laporan ini merupakan bentuk akuntabilitas dan tanggung jawab seorang konselor dalam melaksanakan tugasnya. Setelah paparan dari narasumber selesai, acara berlanjut dengan sesi diskusi. Pada sesi ini narasumber menjawab beberapa pertanyaan dari peserta. Selain itu pengurus MGMP BK juga merespon beberapa usulan dari peserta KKG.