MGMP Bahasa Jawa  Rayon Wonogiri Laksanakan Diklat Fungsional Secara Virtual

MGMP Bahasa Jawa Rayon melaksanakan  kegiatan In 1  Diklat Fungsional Guru, Kamis (1/4/2021), secara virtual dengan menggunakan aplikasi Microsoft Teams. Kegiatan diklat fungsional ini mengambil judul “Penyusunan Best Practice, Diktat/Modul, dan Laporan Pengembangan Diri”.

Kegiatan diklat dibuka oleh host Nizar Raditya Herlambang dari SMP Negeri 1 Jatipurno. Nizar menyampaikan harapan kegiatan dapat berlangsung secara baik dan lancar serta ucapan terima kasih atas peran serta guru Bahasa Jawa SMP dalam kegiatan diklat ini.  Acara selanjutnya dipandu oleh moderator Sularto dari SMP Negeri 1 Sidoharjo. Sularto mengawali dengan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada narasumber, dan seluruh peserta diklat yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan diklat ini.

Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai wujud kecintaan kita terhadap tanah air. Moderator mengajak semua peserta diklat untuk berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing dengan harapan agar kegiatan diklat dapat berjalan baik dan lancar. Acara dilanjutkan dengan laporan ketua panitia Arih Numboro selaku Ketua MGMP Bahasa Jawa Rayon Kabupaten Wonogiri. Dalam laporannya, Arih menyampaikan rencana kegiatan diklat akan dilaksanakan dengan 3 tahap yakni In-service 1 yang sedang dilaksanakan, dilanjutkan kegiatan On-service dari tanggal 2 – 7 April 2021 dan kegiatan In-service 2 yang akan dilaksanakan kembali secara virtual pada hari Kamis, 8 April 2021. Arih juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wadah bagi guru Bahasa Jawa SMP untuk meningkatkan kompetensinya sebagai guru profesional.

Kegiatan diklat dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri,  Yuli Bangun Nursanti. Pada kesempatan ini, Kadinas P dan K memaparkan materi tentang Kebijakan Pemerintah dalam Bidang Pendidikan. Kadinas P dan K berharap agar guru bahasa Jawa mampu mengembangkan kompetensinya sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

Materi kedua disampaikan oleh Retno Puspita Rini, Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri, dengan materi Peningkatan Kompetensi Guru melalui PKB. Retno berharap agar dengan adanya  kegiatan diklat ini, guru bahasa Jawa SMP Kabupaten Wonogiri, mendapatkan semangat dan wadah sebagai sarana peningkatan kompetensi keprofesian berkelanjutan.

Materi ketiga tentang menyusun best practice dipaparkan oleh Wakimin, Koordinator Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Wakimin menyampaikan bahwa  best practice merupakan pengalaman terbaik dari guru yang telah dilaksanakan, dan dituangkan secara tertulis sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah, sehingga dalam penyusunan best practice harus memperhatikan kaidah penulisan karya ilmiah. Setiap guru dipastikan memiliki pengalaman terbaik dalam mengajar.

Setelah kegiatan In 1 hari ini, akan dilanjutkan oleh peserta diklat dengan on-service melalui pendampingan oleh narasumber sehingga peserta menghasilkan produk best practice. Akhirya kegiatan diklat In 1 dapat berjalan dengan baik dan lancar.