MGMP Bahasa Inggris Wonogiri Selenggarakan Diklat Optimalisasi Pembelajaran Terintegrasi TI

MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten Wonogiri bekerja sama dengan Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNS mengadakan Diklat Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Inggris Terintegrasi Teknologi dengan tema Pelatihan Pembuatan Media Ajar Interaktif dengan Readtheory. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring melibatkan 50 anggota MGMP Bahasa Inggris sekabupaten Wonogiri. Kegiatan ini dikemas dalam 3 kali pertemuan mulai tanggal 24 September 2022 secara luring serta 28-29 September 2022 secara daring.

Panitia diklat luring ini dari UNS dan dihadiri oleh Kasi PTK Disdikbud Kabupaten Wonogiri, Banu Darussalam.  Kemudian dari Tim Pengabdian dari UNS yang hadir yaitu Hasan Zainuri yang mewakili Kaprodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNS dan Endang Setyaningsih. Sambutan pertama oleh Banu Darussalam sekaligus membuka kegiatan diklat. Beliau mengapresiasi MGMP Bahasa Inggris yang telah bekerja sama dengan Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNS. Kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan kualitas guru Bahasa Inggris di Kabupaten Wonogiri. Permasalahan pembelajaran Bahasa Inggris yang selama ini dihadapi dapat terpecahkan. Selanjutnya sambutan dari Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris yang diwakili Hasan Zainuri. Beliau menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kepercayaan MGMP Bahasa Inggris Wonogiri masih bekerja sama dengan Tim Pengabdian Prodi Bahasa Inggris. Beliau menambahkan semua guru agar dapat selalu belajar sehingga dapat mengembangkan kompetensi dirinya. Selain itu beliau juga mengharapkan setiap tahun ada kerja sama antara MGMP Bahasa Inggris Wonogiri dengan Tim Pengabdian Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Sambutan selanjutnya dari Ketua MGMP Bahasa Inggris Wonogiri yang diwakili oleh Wakil Ketua, Suyadi. Beliau melaporkan pendataan dan jumlah peserta. Ucapan terima kasih kepada UNS dan Dinas Pendidikan atas kerja samanya.

Inti diklat ini dipandu oleh Endang Setyaningsih dan Hasan Zainuri sebagai narasumber. Sesuai dengan tema diklat, Endang Setyaningsih menjelaskan bermacam teori untuk reading. Penekanan pada membaca sebagai dasar untuk belajar bahasa. Teori  membaca yang adaptive, effective, easy, fun dapat menunjang pemahaman dalam membaca. Kedua, optimalisasi penggunaan media ajar interaktif dengan readtheory. Narasumber menjelaskan keunggulan aplikasi ini dari yang lain sehingga lebih dapat menarik minat peserta didik dalam belajar membaca. Secara urut, cara penggunaan media interaktif ini dijelaskan oleh beliau. Mulai dari login sampai cara menggunakan aplikasi. Pada akhir kegiatan beliau mengharapkan peserta dapat memanfaatkan media read theory untuk peningkatan kualitas proses pembelajaran membaca.