MGMP Bahasa Inggris Sukses Gelar Sosialisasi Program Kerja 2021

“Developing a desire to learn is the kindling point of all classroom.”  Kata-kata mutiara  ini   memberikan pesan  selaras dengan  Pengurus MGMP Bahasa Inggris SMP Rayon Wonogiri  untuk mengadakan kegiatan  Sosialisasi “A Year Continous Profession Development Program of English Teacher Forum Wonogiri 2021”.  Diskusi Program Kerja MGMP secara daring  dilaksanakan dengan menggunakan Microsoft Teams (Sabtu, 30 Januari 2021). Kegiatan virtual dengan moderator Suyadi, S.Pd., dan Host Totok Aris Pujo E, S.Pd., juga dihadiri  oleh Drs. Wakimin, M.Pd., Koodinator Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Pembicara dalam kegiatan ini adalah Agus Rudi Purwanto, S.Pd., M.Hum., ketua MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten Wonogiri. Hadir dalam kegiatan ini Koordinator MGMP Bahasa Inggris SMP Martono, S.Pd, M.M.,  Koordinator Subrayon 05 Dra. Retno Hartini, Pengurus MGMP Rayon Bahasa Inggris SMP Kabupaten Wonogiri, Pengurus MGMP Subrayon, serta 215 guru Bahasa Inggris di kabupaten Wonogiri.

Koordinator MGMP Bahasa Inggris, Martono, S.Pd., M.M. menyampaikan sambutan dan motivasi untuk semua peserta bahwa meskipun guru mengalami hambatan namun guru harus aktif  melakukan PJJ dengan penuh semangat dan tanggung jawab. Kondisi Pandemi Covid 19 ini menuntut hadirnya teknologi pembelajaran yang melibatkan kesiapan SDM, objek dan subjek, infrastruktur dan regulasi yang semua saling berkaitan.

Organisasi profesi dan keaktifan kegiatannya menjadi pintu yang terbuka untuk mendapatkan paling tidak 2 keuntungan, yaitu: a)Mendapatkan tambahan bekal softskill agar mampu menyesuaikan diri dengan tantangan tugas aktual, dan b) Mendapatkan fasilitasi untuk mengembangkan karier.

Koordinator Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Drs. Wakimin, M.Pd. mengawali sambutannya dengan antusias dan semangat menyapa semua peserta pada kegiatan ini dengan hangat. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti surat edaran dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri agar kegiatan MGMP semua mapel berjalan dengan baik, dalam satu tahun minimal 12 kali pertemuan. Oleh karena itu, koordinator MGMP masing-masing subrayon perlu memotivasi dan memfasilitasi, serta memantau kegiatan MGMP dan guru di sekolah. Pada akhir sambutan Drs. Wakimin, M.Pd. meminta semua guru khususnya guru Bahasa Inggris senantiasa melaksanakan tugas utama dengan baik mulai dari merencanakan, melaksanakan serta melaksanakan penilaian. MGMP diminta menjadikan wadah membuat berbagai model penilaian yang baik di masa pandemi ini dengn KD adaftif. Kegiatan CPD baik melalui Kegiatan diklat fungsional dan KKG (Kegiatan Kolektif Guru) seperti telah diprogramkan dan disetujui bersama nantinya dilaksanakan dengan semangat meski melalui virtual  dengan platform  MS Teams pada setiap Sub Rayon yang sudah terprogramkan.

Agus Rudi Purwanto, S.Pd., M.Hum., memberi paparan program kerja MGMP Bahasa Inggris. Ketua MGMP Bahasa Inggris SMP ini dengan antusias memaparkan secara detail dan jelas program kerja MGMP Bahasa Inggris baik yang dilaksanakan oleh tingkat rayon maupun subrayon. Pelaksanaan kegiatan subrayon dan rayon harus seiring sejalan hal ini terbukti dari hasil diskusi  yang mengerucutkan kegiatan yang esensial. Forum ini sangat hidup karena memberikan ruang tanya jawab dan saling memberikan input agar rancangan program yang akan di laksakan besuk sesuai dengan kebutuhan guru. Semua perangkat kegiatan didokumentasikan dengan baik dan dilaporkan untuk dimasukkan website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten. Rancangan semua kegiatan akan dilaksanakan secara daring, sambil menunggu dimungkinkannya kegiatan dalam  luring.  Berdasarkan arahan dari kepala dinas semua guru wajib mengikuti kegiatan MGMP, terutama untuk PNS dan CPNS. Diklat dilaksanakan di tingkat rayon dan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) dilaksanakan oleh subrayon. Mata kegiatan diklat fungsional yang dilaksakan di Rayon adalah “Pembuatan Prezi Video untuk Media Pembelajaran B. Inggris”, dan diteruskan satu bulan berikutnya “Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Inggris terintegrasi teknologi: pembuatan Media Ajar Interaktif dengan FluentKey”  bagi guru SMP di kabupaten Wonogiri. Diklat ini bekerja sama dengan  FKIP UNS program Bahasa Inggris dengan jumlah peserta 100 orang. Peserta kegiatan kolektif guru adalah semua guru mata pelajaran bahasa Inggris.

Pada akhir paparan, Agus Rudi Purwanto, S.Pd., M.Hum., menyampaikan refleksi dengan mengucapkan Alhamdulillah semua kegiatan berjalan lancar dan sukses karena adanya kerjasama yang baik antara pengawas, koordinator MGMP, pengurus rayon, dan subrayon.  “Every new day  is an other chance our life”. Semoga kegitan hari ini bermanfaat dan mampu memotivasi bapak/ibu  semua peserta webinar khususnya guru bahasa Inggris untuk  berinovasi  dengan berlatih belajar bersama di masa pandemi.