MGMP Bahasa Inggris Subrayon 05 Purwantoro Selesaikan KKG Penggunaan Ice cream Screen Recorder

MGMP Bahasa Inggris Subrayon 05 kembali mengadakan KKG pertemuan ke-3 pada Selasa, 30 Maret 2021. KKG ini merupakan selesainya sesi pertama dari lima sesi  (15 kali pertemuan KKG) yang direncanakan. Kegiatan masih dilaksanakan secara online dengan materi “Making Simple Learning Using Ice Cream Screen Recorder”. Bapak dan Ibu Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMP se-kabupaten Wonogiri terlibat dalam kegiatan yang menggunakan aplikasi Microsoft Teams ini.

Kegiatan dimoderatori oleh Ketua MGMP Bahasa Inggris Subrayon 05, Andriyardi,  dan Sugeng Purnawan sebagai host. Sedangkan narasumber yaitu Totok Aris Pujo Endriyatno. Sebanyak 115 anggota MGMP mengikuti vicon. Pada KKG pertemuan ke-3 ini, narasumber menyampaikan beberapa materi diantaranya cara menampilkan hasil dari rekaman Ice cream screen recorder, cara mengedit hasil agar lebih baik, dan pentingnya penggunaan Headset agar kualitas hasil rekaman suara lebih jernih.

Presentasi hasil juga ditampilkan dari perwakilan peserta KKG per Subrayon. Mereka menampilkan hasil rekaman materi pembelajaran dengan menggunaan aplikasi Ice Cream Screen Recorder. Dapat disebutkan disini  peserta yang mewakili dari per Sub Rayon adalah Nurhasanti dari Subrayon 01, Suparman dari Subrayon 02, Yusuf Ashari dari Subrayon 04, Sugeng Purnawan dari Subrayon 05.

Hampir semua hasil rekaman Ice Cream Screen Recorder dari perwakilan setiap Subrayon sudah baik, meskipun ada beberapa hal yang perlu dibenahi. Pemateri memberikan cara, masukan dan saran agar hasil dari rekaman setiap perwakilan Subrayon menjadi lebih baik dan sempurna. Sebagai penutup acara, pemateri menjelaskan bahwa media pembelajaran dengan menggunakan sebuah aplikasi pembelajaran (misalnya menggunakan Ice Cream Screen Recorder) dapat digunakan untuk pengajuan kenaikan pangkat (PAK). Hal ini tentu saja dengan beberapa ketentuan diantaranya minimal durasi waktu video atau media rekaman adalah 15 menit, Membuat laporan pembuatan video serta laporan dilampiri video pembelajaran dalam bentuk CD / flash disk.

Selain itu, disampaikan juga sesi kedua pertemuan keempat KKG direncanakan akan dilaksanakan oleh MGMP Bahasa Inggris Subrayon 03 Baturetno. Diharapkan kegiatan selanjutnya tetap diikuti oleh seluruh Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMP se-Wonogiri masih dengan menggunakan media virtual /daring.