MGMP Bahasa Inggris Subrayon 05 Kupas Penggunaan Ice Cream Screen Recorder

MGMP Bahasa Inggris Subrayon 05 pada hari Selasa, 23 Maret 2021 telah mengadakan KKG bagian yang ke-2, masih dengan materi yang sama dengan KKG yang pertama yaitu “Making Simple Learning Using Ice Cream Screen Recorder”. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara online. Kegiatan ini melibatkan seluruh Bapak dan Ibu Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris tingkat SMP di kabupaten Wonogiri. Kegiatan yang ke-2 ini juga masih menggunakan aplikasi Microsoft Teams sebagai sarana komunikasinya.

Kegiatan ini dipandu oleh Ketua MGMP Bahasa Inggris Subrayon 05 yaitu Andriyardi selaku moderator dan Sugeng Purnawan sebagai host. Sedangkan Narasumber yaitu Totok Aris Pujo Endriyatno. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Koordinator MGMP Bahasa Inggris Subrayon 04, Cuk Widada. Pada kesempatan ini beliau menyampaikan bahwa guru era sekarang ini, khususnya di masa pandemi Covid-19, diharapkan biasa menguasai IT. Teknologi berupa aplikasi pembuatan media pembelajaran sehingga bisa memudahkan dan menyenangkan peserta didik. Guru dapat mengunduh banyaknya aplikasi pembelajaran yang saat ini ditawarkan oleh server Internet. Beliau juga berpesan agar setiap insan guru bisa dan mampu menjalankan tugasnya sebagai pendidk secara profesional dan tidak kalah pentingnya dalam menjalankan tugas harus didasari rasa sabar dan ikhlas.

Peserta Kegiatan tersebut kurang lebih 120 anggota MGMP mengikuti vicon. Pada KKG yang ke-2 ini narasumber menyampaikan beberapa materi yaitu cara menginstal Ice Cream Screen Recorder di PC, cara setting fitur-fitur Ice Cream Screen Recorder, cara menggunakan droidcame (kamera HP Android) apabila PC tidak ada fitur webcamnya, penggunaan Pentablet untuk menulis di aplikasi, penggunaan Materi berbasis PPT (power point) dalam aplikasi dan bagaimana cara edit hasil rekaman Ice Cream Screen Recorder.

Beberapa peserta tampak antusias mengajukan pertanyaan seputar keunggulan penggunaan aplikasi Ice Cream Screen Recorder dan telah dijawab serta di paparkan dengan jelas oleh pemateri. Sebagai penutup kegiatan ini, pemateri menugaskan perwakilan tiap-tiap Sub Rayon agar membuat media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi ini dan bisa di tampikan pada pertemuan KKG berikutnya. Diharapkan pada Kegiatan KKG MGMP Subrayon 05 besok Selasa, perwakilan dari setiap Subrayon dapat memberikan presentasi hasil karyanya.