MGMP Bahasa Inggris Subrayon 04 Selenggarakan Pelatihan Millenial Learning

MGMP Bahasa Inggris Subrayon 04 mengadakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 2 dengan tema “Millenial Learning” secara luring. Kegiatan ini diadakan dalam tiga kali pertemuan di tempat yang berbeda dengan tema yang berbeda pula. Materi yang diberikan pada KKG Paket 2 ini merupakan materi Pendidikan Guru Penggerak. Materi ini dirasa perlu untuk diketahui oleh guru-guru lain karena sangat penting untuk diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas.

Pertemuan pertama di SMP Negeri 3 Jatisrono pada Selasa, 17 Mei 2022 dengan tema “Filosofi Ki Hajar Dewantara dan Budaya Positif”. Kegiatan ini bertujuan menyosialisasikan pemikiran Ki Hajar Dewantara bagi dunia pendidikan saat ini dan pentingnya menanamkan budaya positif di lingkungan sekolah juga dalam kehidupan sehari-hari untuk melahirkan generasi penerus bangsa yang mempunyai karakter Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan ini dimoderatori oleh Wiji Suprihatin, Sekretaris MGMP Bahasa Inggris Subrayon 04 dengan Keynote Speaker Kepala SMP Negeri 3 Jatisrono, Suwandi dan pemateri Nanik Maryanti dan Wiji Suprihatin (Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Wonogiri).

Pertemuan kedua diadakan di SMP Negeri 1 Jatisrono pada Selasa, 24 Mei 2022 dengan tema “Pembelajaran Berdiferensiasi dengan KSE (Kompetensi Sosial Emosional)”. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan menyosialisasikan tentang apa itu Pembelajaran Berdiferensiasi dan PSE, serta bagaimana cara mengimplementasikannya di kelas. Pertemuan juga membahas bagaimana langkah-langkah menyusun RPP berdiferensiasi yang mencakup PSE (Pembelajaran Sosial Emosional) dan pelaksanaanya. Kegiatan ini dimoderatori oleh Sutardi dengan Keynote Speaker Kepala SMP Negeri 1 Jatisrono, Cuk Widada dengan pemateri Nanik Maryanti dan Wiji Suprihatin (Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Wonogiri).

Pertemuan ketiga telah diselenggarakan di SMP Negeri 1 Jatiroto pada Selasa, 31 Mei 2022 dengan tema “Metode Coaching dalam Pembelajaran dan Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran”. Adapun yang menjadi moderator dalam kegiatan ini adalah Yusuf Ashari sekaligus sebagai Ketua MGMP Bahasa Inggris SR 04, dengan sambutan Kepala SMPN 1 Jatiroto, Joko Dwi Suranto. Pemateri inti pada pertemuan ketiga ini adalah Anggit Joko Pratomo dibantu oleh Nanik Maryanti dan Wiji Suprihatin (ketiganya adalah Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Wonogiri).

Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 2 terdiri atas tiga pertemuan ini diikuti oleh 45 Guru Bahasa Inggris Subrayon 04 Jatisrono. Setiap kali pertemuan pukul 08.30 – 11.30 WIB. Agenda setiap pertemuan diawali dengan pembukaan, kemudian sambutan dan pemberian motivasi oleh Keynote Speaker, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh pemateri yang telah disebutkan di atas. Setiap pertengahan selalu diselingi dengan ice breaking oleh pemateri, dilanjutkan materi kedua dan tanya jawab/diskusi seputar materi. Acara diakhiri dengan pemberian motivasi dan penutup

Setelah acara penutup, moderator mengucapkan terima kasih kepada narasumber yang telah memberikan materi, juga kepada sekolah penyelenggara kegiatan, seluruh pengurus MGMP Bahasa Inggris Subrayon 04 Jatisrono, dan seluruh peserta yang sangat antusias penuh semangat serta berperan aktif dari awal sampai selesainya acara. Kegiatan diakhiri pukul 11.30 WIB dan dilanjutkan dengan foto bersama sebagai dokumentasi kegiatan.