MGMP Bahasa Inggris Subrayon 04 Selenggarakan  Pelatihan Menulis Buku ber-ISBN

MGMP Bahasa Inggris Subrayon 04 mengadakan KKG (Kegiatan Kolektif Guru) Paket 5 dengan tema “Pelatihan Menulis Buku ber-ISBN” secara virtual melalui Zoom Meeting pada Sabtu, tanggal 11 September 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan meningkatkan kemampuan guru bahasa Inggris di Kabupaten Wonogiri pada umumnya, dalam menulis buku ber-ISBN. Kegiatan ini perlu dilaksanakan karena tugas guru tidak hanya mengajar di kelas, namun juga wajib mengembangkan diri, meningkatkan kualitas pembelajaran, profesionalitas dan meningkatkan jenjang kariernya. Menulis buku ber-ISBN sangat banyak manfaatnya. Selain untuk mengembangkan karier jika dinilaikan dalam PAK, juga bisa bermanfaat bagi orang lain yang membaca tulisan tersebut. Apalagi Guru di era digital seperti saat ini, selalu dituntut untuk selalu kreatif, inovatif, produktif sekaligus inspiratif.

Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 5 diikuti oleh 101 peserta guru bahasa Inggris se-Kabupaten Wonogiri. Dipandu oleh Yusuf Ashari selaku host dan Wiji Suprihatin selaku moderator. Sebelum kegiatan dimulai, host menyapa beberapa peserta yang sudah bergabung dalam room meeting untuk memastikan sinyal dan jaringan internet terkoneksi dengan baik, dan audio visual bisa diterima dengan baik oleh seluruh peserta yang tersebar di seluruh wilayah di Kabupaten Wonogiri. Pukul 08.00 WIB acara dimulai dengan pembukaan oleh moderator, dilanjutkan pemberian motivasi kepada seluruh peserta KKG.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi inti, Teknik Penulisan Buku ber-ISBN, dengan sub tema “Langkah Cepat Menulis Buku Kependidikan” yang disampaikan oleh Joko Susilo. Diawali dengan pemberian motivasi dan penjelasan tentang keuntungan menulis buku, baik bagi guru PNS/ASN maupun guru WB. Kemudian dilanjutkan dengan materi pengertian buku, dan prinsip-prinsip menulis buku.

Sesi berikutnya adalah tanya jawab, para peserta sangat antusias dan bersemangat menyampaikan banyak pertanyaan terkait syarat dan kaidah penulisan buku, jenis buku apa saja yang bisa dinilaikan dalam PAK, tata cara dan biaya penerbitan buku, dll, Diakhir materi, beliau mengajak kepada semua peserta KKG untuk segera mulai menulis buku, baik secara kolektif maupun perorangan.

Setelah sesi tanya jawab selesai, dilanjutkan dengan acara penutupan KKG paket 5, oleh Ketua MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Wonogiri Agus Rudi Purwanto. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, dan juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan kerja keras seluruh pengurus MGMP Subrayon 04 sehingga KKG paket 5 telah berlangsung dengan lancar dan sukses. Kedepannya beliau mengharapkan agar setelah kegiatan ini selesai, ada produk yang dihasilkan yaitu sebuah buku karya bersama, dan sebuah karya dari masing-masing peserta, minimal 1 peserta 1 buku.

Setelah acara penutup, moderator mengucapkan terima kasih kepada narasumber yang telah memberikan materi, seluruh pengurus MGMP bahasa Inggris se-Kabupaten Wonogiri, dan seluruh peserta yang sangat antusias dan bersemangat serta berperan aktif dari awal sampai selesainya acara. Kegiatan selesai pukul 10.15 WIB dan dilanjutkan dengan foto bersama sebagai dokumentasi kegiatan.