MGMP Bahasa Inggris Subrayon 03 Baturetno Gelar KKG bertajuk Pemanfaatan Microsoft Office 365 Level 200

MGMP Bahasa Inggris Subrayon 03 Baturetno menyelenggarakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) paket 3 pertemuan ke-2 dengan tema “Pemanfaatan Microsoft Office 365 Level 200” pada hari Selasa, 11 ei 2021. KKG ini merupakan KKG tahap ke-3 dari 5 tahap yang sudah ditetapkan oleh MGMP Rayon Wonogiri. KKG yang diikuti oleh semua guru mata pelajaran Bahasa Inggris se-Kabupaten Wonogiri ini diselenggarakan secara virtual dengan menggunakan aplikasi Microsoft Teams. Kegiatan ini dipandu oleh Nur Widayati sebagai moderator, Arif Budi Purwanto sebagai Host dan Agus Dwianto sebagai narasumber.

KKG Mata Pelajaran B. Inggris ini secara resmi dibuka oleh koordinator MGMP Bahasa Inggris Subrayon 03 Baturetno, Nugroho, pada pertemuan ke 1 pada tanggal 06 Mei 2021 minggu yang lalu.  Beliau menyampaikan terimakasih kepada semua guru mata pelajaran Bahasa Inggris se-Kabupaten Wonogiri yang aktif bergabung dalam KKG ini. Setelah acara Pembukaan dilanjutkan sambutan oleh Wiyono. Pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Dalam sambutannya beliau menyampaikan dua hal yaitu tentang bagaimana kita memahami tupoksi guru sesuai regulasi dan bagaimana peserta KKG dapat merencanakan dan melaksanakan PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan).

Dalam kegiatan KKG pertemuan ke 2 pada hari selasa, 11 Mei 2021 ini, kegiatan dibuka oleh moderator dan dilanjutkan sambutan oleh ketua MGMP B. Inggris Subrayon 03 oleh Cundoko. Nara sumber, Agus Dwianto, memaparkan tentang tiga materi yang ada dalam Microsoft 365 level 200 yaitu sebagai berikut: Planner dan Fitur Terbaru Microsoft Teams, Present Live Power Point Online, Pembuatan Video dengan Microsoft Stream, Penggunaan Power Automate, dan Minecraft Education Edition. Pada KKG pertemua ke- 2 ini narasumber akan memaparkan tentang stream  pada office 263. Dalam kegiatan ini peserta langsung praktek menelola Stream baik cara upload dan creat  video pembelajaran menggunakan Microsoft 365 yang dimiliki peserta baik akun dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan maupun akun dari sekolah masing-masing.

Narasumber menjelaskan bagaimana  mengelola stream pada office 365 untuk membuat materi pembelajaran yang sangat berguna khususnya pada mapel B. Inggris, sebab dapat memasukkan materi baik dari video, teks, dan juga mengambil dari dari source di net langsung.  dan memberi arahan kepada peserta.

Hasil kegiatan pada pertemuan ke-2 akan dipresentasikan oleh beberapa peserta pada KKG pertemuan ke 3 dan peserta akan dipilih secara acak. Setelah kegiatan sharing dan tanya jawab selesai acara di kembalikan kepada moderator dan selajutnya ditutup oleh host.