MGMP Bahasa Inggris Selenggarakan Workshop Optimalisasi Pembelajaran Terintegrasi Teknologi

MGMP Bahasa Inggris Rayon Wonogiri bekerja sama dengan Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNS mengadakan workshop pertemuan terakhir pada Selasa (24 Agustus 2021). Workshop yang bertema Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Inggris Terintegrasi Teknologi ini dilaksanakan secara daring melibatkan 73 anggota. Kegiatan workshop ini dikemas selama empat kali pertemuan, pertemuan pertama dimulai tanggal 18 Agustus 2021 dan berakhir pada pertemuan keempat 24 Agustus 2021.

Workshop kali ini menggunakan aplikasi zoom meeting. Bertugas sebagai moderator Sri Nurhasanti dari SMP Negeri 2 Wonogiri. Host dan narasumber dari Tim Pengabdian Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNS. Tim Pengabdian dari UNS yang tampak hadir yaitu Ngadiso, Muh. Asrori, Hasan Zainuri, Kristiandi, dan Endang Setyaningsih. Kegiatan ini dihadiri oleh Koordinator MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Wonogiri, Martono, mewakili MKKS sekaligus Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri.

Martono mengapresiasi MGMP Bahasa Inggris yang telah bekerja sama dengan Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNS dalam pengembangan kualitas guru Bahasa Inggris di Kabupaten Wonogiri. Beliau menegaskan meskipun para guru bekerja dalam kesenyapan PPKM tetapi diharapkan tetap produktif dalam menghasilkan karya-karya. Kondisi pandemi ini diharapkan dapat memberdayakan sarana teknologi lebih efektif. Selain itu, setiap guru harus berbekal soft skill dan sarana prasarana lain yang mendukung. Beliau mengharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi guru dan siswa dalam pembelajaran. Pengetahuan yang diterima oleh peserta workshop dapat dimanfaatkan untuk mereduksi masalah dalam pembelajaran.

Workshop dipandu langsung oleh Hasan Zainuri sebagai narasumber. Pembahasan pertama dengan mengulas sekilas materi pertemuan sebelumnya yaitu bagaimana cara membuat akun dan upload sumber belajar dalam nearpod. Kedua, membedah lebih dalam fasilitas-fasilitas dalam nearpod untuk optimalisasi penggunaan media ajar interaktif dalam pembelajaran yang sesuai dengan teori Gagne’s Nine Events of Instruction. Narasumber menjelaskan keunggulan aplikasi ini dari yang lain sehingga lebih dapat menarik minat peserta didik. Pada akhir kegiatan beliau mengharapkan peserta dapat memanfaatkan media baik dengan nearpod maupun aplikasi lain yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu tim pengabdian UNS, Kristiandi, menambahkan dengan adanya media dalam instructional design dan classroom management dapat menunjang pembelajaran, tetapi tidak kalah pentingnya bagaimana siswa bisa ekplorasi dalam proses pembelajaran.