MGMP BAHASA INGGRIS KABUPATEN WONOGIRI SELENGGARAKAN WORKSHOP OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS TERINTEGRASI TEKNOLOGI

MGMP Bahasa Inggris Rayon Wonogiri bekerjasama dengan Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNS mengadakan workshop bertajuk Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Inggris Terintegrasi Teknologi. Kegiatan ini dilaksanakan secara online melibatkan 73 anggota MGMP Bahasa Inggris se kabupaten Wonogiri. Kegiatan ini dikemas selama 4 kali pertemuan mulai tanggal 18 sampai 24 Agustus 2021.

Workshop secara virtual ini menggunakan zooms dengan moderator Sri Nurhasanti, dengan Host Elys Putri dengan narasumber dari Tim Pengabdian Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNS. Untuk Tim Pengabdian dari UNS yang tampak hadir yaitu Ngadiso, Muh. Asrori, Hasan Zainuri, Teguh Sarosa, Kristiandi dan Endang Setyaningsih. Kegiatan ini dihadiri langsung Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri, Yuli Bangun Nursanti dan Kabid PTK Retno Puspito Rini.

Dalam sambutannya Yuli Bangun Nursanti mengapresiasi MGMP bahasa Inggris telah bekerjasama dengan Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNS dalam pengembangan kualitas guru Bahasa Inggris di Kabupaten Wonogiri. Beliau menegaskan kegiatan ini dapat mengurai permasalahan selama proses PJJ sesuai dengan peradaban dan perkembangan IT. Selain itu, beliau mengharapkan peserta dapat mendeseminasikan pengetahuan yang didapat kepada anggota MGMP yang belum bisa bergabung. Selanjutnya, Ngadiso sebagai ketua Tim Pengabdian menyampaikan rasa terimakasih atas kepercayaan MGMP Bahasa Inggris Wonogiri masih bekerjasama dengan Tim Pengabdian Prodi Bahasa Inggris. Kemudian beliau menambahkan guru Bahasa Inggris perlu meningkatkan Penjaminan Mutu dalam proses pembelajaran.

Inti workshop ini dipandu oleh Hasan Zainuri sebagai narasumber. Pembahasan pertama mengenai permasalahan dan strategi PJJ pelajaran Bahasa di masa pandemi covid 19. Kegiatan ini di ramu dalam bentuk diskusi tanya jawab dimana peserta aktif dalam menjawab beberapa permasalahan dan bagaimana mengatasinya. Kedua, optimalisasi penggunaan media ajar interaktif dengan Nearpod. Narasumber menjelaskan keunggulan aplikasi ini dari yang lain sehingga lebih dapat menarik minat peserta didik selama PJJ. Secara urut, cara penggunaan media interaktif ini dijelaskan oleh beliau.  Narasumber mengharapkan peserta dapat memanfaatkan media nearpod untuk peningkatan kualitas proses pembelajaran. Pada akhir sesi  kegiatan di warnai diskusi tanya jawab yang menarik terkaitan materi  diklat pertemuan ke 1 dan kemudian ditutup  oleh ketua MGMP B Inggris Wonogiri, Agus Rudi Purwanto,  serta memberikan motivasi pada peserta diklat untuk menyelesaikan tahap 1 sebelum masuk pada pertemuan ke 2 pada hari Sabtu, 21 Agustus 2021.  Host menutup meeting tepat pada pukul 12.00 WIB.