MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Wonogiri Selenggarakan Webinar Bertajuk ” Implementation of Adaptive Basic Comptence and Education Portal”

Pembelajaran situasi normal dan masa pandemi Covid-19 tentu mempunyai perbedaan yang cukup mendasar. Seperti tertuang dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 mengenai pembelajaran di masa pandemi menyatakan bahwa pembelajaran tidak harus menuntaskan kurikulum. Tentu saja permasalahan ini mendorong adanya penyesuaian kurikulum yang telah ada dengan masa pandemi sekarang ini. Komponen Kurikulum yang perlu disesuaikan adalah Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Keputusan Balitbang nomor 018/H/KR/2020 menyatakan adanya perubahan pemetaan KI dan KD yang telah di sesuaikan dengan kondisi khusus. Proses pembelajaran yang dilaksanakan ini juga merupakan pembelajaran bermakna dan memuat kecakapan hidup. Masa pandemi ini memaksa kita sebagai pendidik untuk terbiasa memanfaatkan aplikasi pertemuan daring (online) dan portal-portal pendukungnya.

Mengingat salah satu ciri pendidik profesional adalah mempunyai self development, maka diharapkan pendidik secara kreatif dan sadar mau berusaha meningkatkan pengembangan dirinya (Self Development) dalam situasi dan kondisi pembelajaran apapun. Pembelajaran pada situasi khusus yang dikenal dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) harus tetap ada interaksi yang aktif dan dinamis. Hal ini menuntut adanya penggunaan media yang mendukung proses pembelajaran tersebut. Media yang ada selain menjembatani hubungan antara pendidik dan peserta didik, juga dapat menjadi sumber belajar mereka. Beberapa portal pendidikan telah disediakan pemerintah untuk mendukung berjalannya proses pembelajaran jarak jauh.

Terkait dengan masalah tersebut Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris Kabupaten Wonogiri mengadakan kegiatan webinar bertajuk Implementation of Adaptive Basic Comptence and Education Portal. Kegiatan yang dilaksanakan hari Sabtu, 12 September 2020 ini menggunakan Microsoft Teams sebagai media interaksinya. Webinar ini dipandu oleh Suyadi, S.Pd (guru SMP Negeri 3 Sidoharjo) sebagai moderator dan Palgunawan, M.Pd. (guru SMP Negeri 1 Wonogiri) sebagai host. Peserta dari kegiatan ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Inggris se-Kabupaten Wonogiri. Peserta yang mengikuti kegiatan tercatat 126 guru dari berbagai sekolah. Selain itu, nampak hadir dalam webinar Bapak Hasan Zainuri, M.Pd dari perwakilan UNS Program Bahasa Inggris dan 3 Kepala Sekolah, yakni Bapak Martono, S.Pd., M.M (Kepala SMP Negeri 1 Purwantoro), Tri Murwanto, M.Pd. (Kepala SMP Negeri 2 Puhpelem), dan Bapak Nugroho, M.Pd. (Kepala SMP Negeri 1 Karangtengah). Webinar dimulai pukul 09.00 WIB.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri, melalui koordinator MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Wonogiri, Martono, S.Pd., M.M menegaskan pentingnya pertemuan MGMP dengan daring selama PJJ berlangsung. Beliau juga mengingatkan untuk menggunakan KD situasi khusus yang telah di keluarkan Balitbang.

Di acara inti, Agus Rudi Purwanto, M.Hum sebagai ketua MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Wonogiri sekaligus narasumber menjelaskan bahwa tujuan dari webinar tersebut adalah sebagai wahana pengganti kegiatan rutin yaitu pertemuan MGMP Rayon maupun Sub Rayon. ARP, demikian biasa dipanggil, juga memberikan suatu pemahaman konkrit baik bagi guru kelas 7, 8 ataupun 9 untuk mendalami, mengerti, dan menerapkan Adaptive Basic Competence (KD Adaptif) sebagai KD perubahan. Guru seharusnya mampu menggunakan KD yang terbaru untuk mempersiapkan kemudian menerapkannya dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ). Diharapkan penerapan KD Adaptif ini dapat memaksimalkan penguasaan materi dalam KD yang sudah disederhanakan.

Selain dari menjelaskan ketiga tujuan tersebut, narasumber juga menyatakan tujuan terakhir yang tidak kalah penting, yaitu memberikan pemahaman bagaimana cara menerapkan berbagai media khususnya Education Portal yang disediakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri yang didalamnya mencakup materi yang telah dipersiapkan oleh tim pengembang konten Kabupaten Wonogiri. Materi ini meliputi materi PJJ, RPP PJJ dan video pembelajaran sebagai acuan dalam pelaksanaan proses pembelajaran daring.