MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Wonogiri Gelar KKG Paket 3

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris kabupaten Wonogiri menggelar Kegiatan Kolektif Guru paket 3. Kegiatan ini merupakan pembukaan dari rangkaian Kegiatan Kolektif Guru paket 3 yang terdiri dari 3 pertemuan. Pelaksanaan kegiatan  dilakukan secara daring menggunakan platform Microsoft Teams Selasa, 19 Juli 2022, pukul 10.00-12.30 WIB diikuti 140 guru Bahasa Inggris se kabupaten Wonogiri. Seiring dengan implementasi Kurikulum Merdeka yang dimulai tahun pelajaran 2022/ 2023, maka MGMP Bahasa Inggris mengangkat materi;‘Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar di Komunitas Belajar’. Pemilihan materi ini dirasa cukup tepat karena pada kenyataannya masih banyak sekali pertanyaan ataupun permasalahan yang dihadapi oleh para guru maupun pihak sekolah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Sehingga diharapkan materi ini mampu memberikan angin segar berupa tambahan wawasan dan pemahaman para guru saat melaksanakan Kurikulum Merdeka.

Dalam kegiatan ini sebagai host adalah Basuki Okto Gunanto Guru SMP Negeri 2 Giritontro dan Sri Widiyatmini, Guru SMP Negeri 1 Paranggupito sebagai moderator. Sambutan pertama dari Rahmat Karim, selaku ketua kegiatan, sambutan berikutnya Wiyono, pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Wonogiri. Acara inti penyampaian materi oleh Agus Rudi Purwanto. Dalam sambutan Wiyono, menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan kegiatan ini dan memberikan motivasi kepada para peserta untuk tetap semangat dan antusias mengikuti kegiatan karena penting dan relevannya materi yang akan disampaikan berkaitan dengan pelaksanaan Kurikulum Merdeka di masing-masing sekolah para guru. Tak lupa beliau juga mengingatkan para guru untuk aktivasi akun belajar.id dan mengoptimalkan penggunaannya. Akun belajar.id merupakan modal utama para guru di dalam pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar yang telah disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memuat beragam fitur bermanfaat terkait Kurikulum Merdeka.

Agus Rudi Purwanto, selaku fasilitator kegiatan menyampaikan materi yang sangat menarik dan tentunya memberikan tambahan informasi berharga tentang Kurikulum Merdeka. Materi yang disampaikan merupakan ‘oleh-oleh’ beliau setelah mengikuti kegiatan Coaching Kurikulum Merdeka yang diselenggarakan oleh BBPMP Jawa Tengah. Dalam paparannya, Agus Rudi menyampaikan dalam Kurikulum Merdeka banyak istilah-istilah baru yang digunakan dan harus dipahami oleh para guru. Selain itu, pembenahan paradigma guru dalam kegiatan pembelajaran juga perlu diperhatikan. Tak kalah pentingnya guru harus bisa menerima perubahan di dalam kurikulum meskipun di awalnya terasa sangat sulit dan berat untuk dilaksanakan akan tetapi selama guru mau untuk terus menambah pemahaman dan wawasan kurikulum baru ini maka akan lebih mudah ke depannya.