MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 05 Purwantoro Praktik Membuat Flyer

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Subrayon 05 Purwantoro menyelenggarakan  Kegiatan Kolektif Guru (KKG) secara daring. Kegiatan tersebut diikuti oleh guru-guru mapel Bahasa Indonesia baik PNS maupun GTT. Agenda  kegiatan pertemuan hari Kamis, 8 April 2021  tersebut mempresentasikan hasil pelatihan membuat flyer yang sudah dilaksanakan pada hari Kamis sebelumnya (1 April 2021).

Pada kegiatan tersebut koordinator MGMP  Bahasa Indonesia Subrayon 05, Resi Hananto Agung Wahyono, memberikan motivasi kepada anggota MGMP agar aktif mengikuti kegiatan KKG sampai selesai.

Ketua MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 05 juga memberi arahan dan pesan agar aplikasi yang sudah diperoleh pada kegiatan MGMP bisa digunakan untuk menunjang pembelajaran di sekolah masing-masing. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada GTT yang sudah mau bergabung mengikuti Kegiatan Kolektif Guru (KKG) pada pertemuan kali ini.

Agenda inti selanjutnya adalah presentasi dari hasil peserta pelatihan membuat flyer. Presentasi dari masing-masing sektor ada yang mewakili. Sektor Slogohimo diwakili oleh Sri Martini, guru SMP Negeri 1 Slogohimo. Sektor Kismantoro diwakili oleh Setyo Murni, guru SMP Negeri 1 Kismantoro. Sektor Purwantoro dipresentasikan oleh Purwaningsih, guru SMP Negeri 1 Purwantoro. Sedangkan sektor Bulukerto diwakili oleh Heni Purwati guru SMP Negeri 3 Bulukerto, Sartun guru SMP Negeri 2 Bulukerto, dan Anto guru SMP Negeri 1 Bulukerto.

Kegiatan Kolektif Guru (KKG) kali ini diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta. Peserta menyimak dengan baik presentasi para perwakilan wilayah. Beragamnya flyer membuat para peserta lebih paham dalam mengimplementasikan teknik pembuatan flyer. Kompetensi ini bermanfaat bagi guru Bahasa Indonesia dalam memberikan contoh KD Slogan, Iklan, dan Poster. Kemampuan menguasai IT bagi guru sangat dituntut di era pandemi ini mengingat berlangsungnya proses pembelajaran jarak jauh. Kegiatan kolektif guru seperti ini banyak memberikan manfaat bagi guru terutama dalam menunjang kompetensi mereka menyiapkan bahan pembelajaran yang lebih menarik dan variatif. Kegiatan diakhiri kurang lebih pukul 12.00 WIB.