MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 02 Sukses Gelar KKG Paket 1

MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 02 Wuryantoro melaksanakan Kegiatan Kolektif Guru pada Kamis, 4 Maret 2021 secara virtual. Kegiatan diawali sapaan host, Pudji Nurharyatmi guru SMP Negeri 1 Eromoko dan tepat pukul 08.10 moderator, Sri Margiastuti guru SMP Negeri 1 Pracimantoro memulai acara. Pertemuan hari ini merupakan lanjutan pertemuan sebelumnya yaitu Presentasi dan Pembahasan RPP kelas 8 dan 9. Pada pengantar awal, Ketua MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 02, Lilik Rusmiyatun menyampaikan pesan dari Koordinator MGMP Bahasa Indonesia, Joko Purwanto yang tidak dapat hadir pada pertemuan hari ini karena sedang ada Kegiatan Kolektif Kepala Sekolah di SMP Negeri 1 Manyaran.  Joko Purwanto berpesan agar kegiatan MGMP dapat terlaksana dengan lancar dan digunakan sebagai wadah berbagi bersama sehingga dapat bermanfaat bagi semua anggota.

Selanjutnya, ketua MGMP mengajak semua anggota dan pengurus untuk belajar bersama terutama penguasaan Teknologi Informasi dalam bidang pendidikan agar tidak ketinggalan, bekerja dengan kolektif kolegial, ikhlas, dan berbagi bersama demi kebaikan. “Guru yang mendapatkan pengalaman dan ilmu baru agar mengimbaskan kepada teman atau berbagi di MGMP sehingga ilmunya dapat bermanfaat bagi semua anggota dan berdampak kepada peserta didik”, tegas ketua MGMP.

Acara berlanjut dengan laporan koordinator pengumpulan tugas revisi RPP, Titik Maesaroh guru SMP Negeri 1 Wuryantoro yang memberikan keterangan bahwa tugas sudah terkumpul 96%. Tugas dari anggota tentu saja yang sudah direvisi sehingga diharapkan akan dapat digunakan bersama di MGMP karena tugas tersebut dari, oleh, dan untuk anggota.  Kegiatan dilanjutkan dengan Presentasi dan Pembahasan RPP. Sebagai presenter pertama dari SMP Negeri 2 Pracimantoro, Fera Hastaningtyas yang mempresentasikan RPP kelas 9 semester gasal, KD 3.1 dan 4.1 Teks Laporan Percobaan. Presenter menyampaikan dengan baik dan lancar, mulai identitas, KI, KD, IPK, tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, penilaian pembelajaran, remedial dan pengayaan. Silabus pengembangan, RPP dan rancangan penilaian yang dibuat Fera Hastaningtyas sudah relevan dan dapat digunakan.

Presenter kedua dari SMP Muhammadiyah 7 Eromoko, Dede Yunianto Basuki yang menyajikan RPP kelas 8 semester gasal, KD 3.1 dan 4.1 Teks Berita. Presentasi berjalan dengan baik dan lancar. Silabus pengembangan, RPP dan rancangan penilaian yang dibuat Dede Yunianto Basuki juga sudah relevan. Pada akhir pertemuan dilaksanakan pembahasan dan evaluasi bersama antara anggota dan ketua MGMP.