MGMP Bahasa Indonesia  Subrayon 02  Pelajari Laporan Pembuatan Video Pembelajaran

MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 02 Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan  KKG Paket 2 Pertemuan ke-3 pada Kamis, 12 Mei 2022. Kegiatan dilaksanakan secara virtual dengan  menggunakan aplikasi Microsoft Teams. KKG Paket 2 Pertemuan ke-3, menindaklanjuti pertemuan sebelumnya ‘Laporan Pembuatan Video Pembelajaran’ dengan menghadirkan Sriyono sebagai narasumber. Kegiatan ini diikuti anggota MGMP Bahasa Indonesia  Kabupaten Wonogiri. Host, Pudji Nur Haryatmi, guru SMP Negeri 1 Eromoko, menyapa para peserta KKG yang telah masuk di meeting room dan mengawali acara dengan memperdengarkan lagu Himne Bahasa Indonesia. Selanjutnya, acara dipandu oleh Supriyono, guru SMP Negeri 2 Wuryantoro selaku moderator.

Koordinator MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Wonogiri, Resi Hananto Agung Wahyono menyampaikan apresiasi terhadap KKG yang diikuti dengan semangat oleh anggota MGMP se-Kabupaten Wonogiri, dengan harapan semua anggota bisa mengikuti  kegiatan sampai selesai/tuntas sehingga bermanfaat dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah masing-masing. Selanjutnya, koordinator MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 02 Wuryantoro, Agus Sumarno, menyampaikan bahwa kegiatan KKG bukanlah sebagai  beban tetapi sebagai wadah pertemuan peserta MGMP untuk kemajuan bersama. Agus berharap hasil dari kegiatan ini, setiap guru dapat membuat dan mengupload video ke YouTube. Caranya, MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Wonogiri membuat link sentral. Membuat bank video pembelajaran sebagai bahan diskusi dengan guru mapel di sekolah. Dengan demikian, akan lebih bermanfaat dan dapat dijadikan referensi dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran dapat menyenangkan bagi peserta didik.

Narasumber kegiatan, ketua MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Wonogiri yang juga sebagai tim Penilai Angka Kredit pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Sriyono memaparkan materi secara jelas dan gamblang. Pembuatan video pembelajaran ini dapat digunakan sebagai bahan dalam menilaikan angka kredit untuk kenaikan pangkat. Video pembelajaran merupakan alat peraga dalam kategori karya inovatif. Namun, banyak hal yang harus dipenuhi agar bisa diakui angka kreditnya. Dalam pembuatan video harus menguasai IT yang baik karena durasi waktu menjadi salah satu faktor penentu kategori sederhana atau kompleks. Faktor utama dari sebuah karya inovatif juga harus memenuhi kriteria APIK ( Asli, Perlu, Ilmiah, dan Konsisten). Karya inovatif yang dibuat tidak boleh mengambil karya orang lain/plagiat, tetapi dibolehkan memodifikasi karya yang sudah ada. Sebagai panduan dalam menyusun laporan pembuatan video pembelajaran/alat peraga dalam penilaian angka kredit mengacu pada buku 4 dan buku 5. Selesai pemaparan materi, peserta antusias bertanya, sharing, dan berpendapat sehingga membuat kegiatan menjadi hidup dan berjalan dengan baik. Sebagai evaluasi pada akhir paket 2, ketua MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Wonogiri menyampaikan apresiasi bahwa kegiatan Paket 2 berjalan dengan baik dan lancar. Kegiatan diakhiri dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri.