MGMP Bahasa Indonesia  Subrayon 02   Kupas Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan secara Virtual

Kamis, 29 April 2021, MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 02 Wuryantoro melaksanakan KKG (Kegiatan Kolektif Guru)  Paket 3 pertemuan ketiga.  Pertemuan hari ini mengupas Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan. Pukul 07.50 WIB, Host kegiatan, Yuli Sri Handayani dari SMP Negeri 1 Eromoko mulai menyapa peserta kegiatan yang masuk satu per satu. Peserta saling sapa dan ramah tamah mengabarkan satu dengan yang lain. Acara dipandu oleh moderator, Ninik Sarmini dari SMP Negeri 1 Wuryantoro. Dalam kegiatan ini ketua MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 02 Wuryantoro, Lilik Rusmiyatun menyampaikan beberapa hal diantaranya mempersilakan peserta MGMP mengunduh undangan, materi, hasil presensi kegiatan yang sudah dishare di WhatsApp grup MGMP untuk persiapan membuat laporan pengembangan diri (KKG). Lilik memberikan apresiasi kepada pengurus dan petugas kegiatan yang selalu berkoordinasi/saling konfirmasi sehingga kegiatan KKG berjalan lancar. Pada akhir pengantarnya, Lilik mengajak pengurus senantiasa bekerja secara kolektif kolegial dan meminta semua anggota bisa mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya.

Presenter pertama dari  SMP Negeri 3 Satap Eromoko, Retno Tri Utami mengupas  Penilaian Pengetahuan. Dalam Penilaian Pengetahuan Retno memaparkan tentang teknik, bentuk, kisi-kisi, butir soal, kunci jawaban, dan pedoman penskoran. Walaupun ada kendala signal di tempat presenter penyajian materi bisa disampaikan dengan lancar dan gamblang. Materi dishare  di grup WhatsApp, sehingga salah satu peserta bisa membantu share materi, sementara peserta yang signalnya kurang bagus bisa membaca dan mencermati materi melalui file di WhatsApp. Setelah Retno selesai memaparkan penilaian pengetahuan, dilanjutkan dengan sesi sharing dan tanya jawab. Dengan sharing dan tanya jawab ini diharapkan akan menambah pengetahuan dan bermanfaat  di dalam pembelajaran kepada anak didik.

Presenter kedua, Nurul Imam Bukhori dari SMP Muhammadiyah Program Khusus Pracimantoro mengupas penilaian keterampilan.  Dalam paparannya, Imam menyampaikan penilaian praktik, produk, proyek, dan portofolio. Ternyata presenter kedua juga ada kendala signal. Sebagaimana presenter pertama, share materi dibantu teman yang signalnya bagus. Kegiatan pun dapat berjalan dengan lancar. Dalam pembahasan Penilaian Keterampilan disampaiakan pentingnya menentukan KD, teknik penilaian, kisi-kisi, soal, rubrik, skor penilaian, dan hasil/ nilai. Sharing dan tanya jawab dilaksanakan setelah Imam selesai memaparkan Penilaian Keterampilan. Kegiatan diakhiri dengan penyampaian simpulan hasil kegiatan oleh moderator dan ditutup dengan bacaan hamdalah bersama-sama.