MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 02  Gelar Presentasi Pembuatan Video Pembelajaran

MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 02 Wuryantoro kembali melaksanakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) dengan Google Meet. Kegiatan KKG Paket 2 pertemuan ketiga ini diselenggarakan, Sabtu, 14 Agustus 2021. Agenda kegiatan berupa presentasi pembuatan video pembelajaran. Carmadi dari SMP Negeri 1 Eromoko berperan sebagai host menyapa para peserta yang telah bergabung dalam kegiatan ini dan  moderator Titik Maesaroh dari SMP Negeri 1 Wuryantoro.

Joko Purwanto selaku koordinator MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 02 mengapresiasi positif atas antusiasme peserta dalam mengikuti MGMP meskipun secara virtual. Beliau berharap agar kegiatan KKG melalui MGMP dapat meningkatkan keprofesionalan guru, sehingga dapat memberi pelayanan terbaik kepada peserta didik di masa pandemi ini. MGMP juga diharapkan sebagai wahana untuk berdiskusi dan saling berbagi ilmu serta pengalaman dalam penguasaan teknologi informasi. Lebih lanjut, koordinator MGMP yang sekaligus Kepala SMP Negeri 1 Eromoko, menandaskan agar MGMP dijadikan sebagai kegiatan yang menyenangkan. “Jika kegiatan dilaksanakan dengan keikhlasan maka apa yang kita lakukan akan mengandung nilai keberkahan bagi kehidupan kita”  tegasnya.

Ketua MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 02, Lilik Rusmiyatun guru SMP Negeri 2 Pracimantoro mengajak semua anggota MGMP untuk berpartisipasi aktif agar kegiatan MGMP bermanfaat dan bisa dijadikan wadah untuk saling berbagi. Ketua juga mengimbau peserta untuk melihat dan mengunjungi SIMPKB masing-masing, sebab di situ kita bisa mengikuti berbagai bimtek seri pembelajaran di masa pandemi.

Acara dilanjutkan dengan presentasi pembuatan video pembelajaran. Empat presenter mewakili masing-masing sektor dan satu presenter mandiri. Kelima presenter tersebut yaitu Suwarni (SMP Negeri 1 Manyaran), Yekti Weningsih (SMP Negeri 1 Wuryantoro), Retno Tri Utami (SMP Negeri 3 Satap Eromoko),Teteng Mohanti (SMP Negeri 4 Pracimantoro), dan Pudji Nurharyatmi (SMP Negeri 1 Eromoko). Kesempatan pertama, Suwarni mempresentasikan video pembelajaran dengan aplikasi xrecorder. Kedua, Yekti Weningsih mempresentasikan video pembelajaran dengan aplikasi rekam layar. Retno Tri utami menampilkan video pembelajaran dengan xrecorder. Yekti dan Retno juga telah mengunggah video pembelajarannya di channal YouTobe agar peserta didik lebih mudah mengakses dan mepelajarinya. Selanjutnya, Teteng Mohanti menampilkan video pembelajaran dengan powerpoint. Presenter terakhir, Pudji Nurharyatmi menampilkan video dengan aplikasi Filmora 9.

Diakhir kegiatan ditegaskan agar guru tidak henti-hentinya untuk belajar. Video pembelajaran dapat dibuat dengan banyak cara sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada di masing-masing sekolah yang muara akhirnya dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran.