MGMP Bahasa Indonesia  Subrayon 02 Dalami Pemanfaatan Microsoft 365

MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 02 Wuryantoro melaksanakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) paket 4 pada Kamis, 6 Mei 2021 secara virtual. Kegiatan diawali sapaan host, Pudji Nurharyatmi dari SMP Negeri 1 Eromoko dan tepat pukul 08.10 moderator, Fera Hastaningtyas dari SMP Negeri 2 Pracimantoro memulai acara. Pertemuan hari ini merupakan pertemuan pertama dengan materi Pemanfaatan Microsof 365 dalam pembelajaran. Sebagai awal pertemuan, ketua MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 02 Lilik Rusmiyatun dari SMP Negeri 2 Pracimantoro menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak/Ibu yang bertugas pada hari ini, semoga apa yang kita kerjakan hari ini bernilai ibadah. Selanjutnya ketua MGMP mengajak kepada peserta untuk bersama-sama belajar menggunakan Microsoft 365. Kita bisa memanfaatkannya untuk mengunduh perangkat pembelajaran di portal pendidikan dan bisa mengunggah RPP atau perangkat pembelajaran yang lain. Banyak fitur yang bisa kita manfaatkan.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Dede Yunianto Basuki dari SMP Muhammadiyah 7 Eromoko. Pada paparannya Dede menyampaikan bahwa semua pasti sudah memiliki akun ofice 365 dari dinas pendidikan. Apabila belum memiliki bisa konfirmasi pada operator sekolah. Office 365 memungkinkan semua orang menghasilkan dan berbagi banyak hal di mana saja di semua perangkat. Beberapa fitur yang tersedia di dalam office 365 antara lain microsof Outlook, One Drive, Teams, microsof form. Dengan jelas Dede Yunianto menyampaikan paparannya tentang pemanfaatan fitur-fitur yang ada di Microsoft 365.

Selesai penyampaian paparan, moderator memberikan kesempatan kepada semua peserta untuk bertanya atau menyampaikan pendapatnya. Dengan sigap moderator memandu acara sharing karena banyak peserta yang bertanya mengenai praktik pemanfaatan fitur-fitur dalam Microsoft 365. Bahkan, untuk menjawab pertanyaan dan memperjelas pemanfaatan fitur-fitur pada Microsoft 365, Dede mempraktikannya secara langsung. Mengingat pentingnya pemanfaatan Microsoft 365 dalam pembelajaran, pada pertemuan kedua paket 4 akan dilaksanakan praktik penggunaan fitur-fitur pada Microsoft 365.