MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 02 Bahas Penyusunan Best Practice

MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 02 melaksanakan KKG paket 8, pertemuan pertama secara virtual membahas Penyusunan Best Practice.  Kegiatan dilaksanaan Kamis, 30 September 2021. Room event dibuka pada pukul 07.45 host, Teteng Mohanti (SMP Negeri 4 Pracimantoro). Kegiatan dipandu  moderator, Supriyono  (SMP Negeri 2 Wuryantoro). Kegiatan diawali dengan mendengarkan Hymne Bahasa Indonesia. Pada kegiatan kali ini, setelah pengantar dari ketua MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 02, Lilik Rusmiyatun, dilanjutkan kata pamitan dari satu anggota MGMP, Sri Ponco Susilowati yang purna tugas per 1 Oktober 2021. Joko Purwanto selaku koordinator MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 02 memberikan tanggapan kata pamitan tersebut dengan mendoakan, semoga Ibu Sri Ponco Susilowati sehat selalu dan dapat melanjutkan pengabdiannya di masyarakat bersama keluarga bahagia.

Selanjutnya narasumber, Joko Purwanto, Tim Penilai Angka Kredit, Kepala SMP Negeri 1 Eromoko yang juga koordinator MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 02 menyampaikan materi tentang Menyusun Best Practice. Pada kesempatan itu Joko memberikan apresiasi positif terhadap peserta MGMP meskipun diadakan secara virtual dengan jadwal yang padat tetap antusias berkegiatan. Beliau  memberikan motivasi yang luar biasa kepada peserta MGMP untuk tidak takut berkarya, berinovasi demi kemajuan diri dan peserta didik. Beliau juga tidak lupa senantiasa mengingatkan bahwa sebagai guru harus kritis dan kreatif menciptakan inovasi dalam pendidikan berdasarkan ide sendiri dan bukan sekedar meniru hasil karya orang lain.

Acara sharing dan tanya jawab mengenai best practice dipandu Supriyono selaku moderator. Selanjutnya, ketua MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 02, Lilik Rusmiyatun menyampaikan agar seluruh anggota MGMP sebagai guru bahasa Indonesia mampu menyusun Best Practice. Lilik juga mengingatkan kepada anggota MGMP untuk memahami isi Buku 4 sebagai pedoman menyusun karya publikasi ilmiah dan karya inovasi, juga memahami Buku 5 sebagai pedoman penolakan karya publikasi ilmiah dan karya inovasi.