MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 01 Wonogiri Gelar KKG Paket 5

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMP Subrayon 01 Wonogiri menyelenggarakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG)  Paket 5 dengan tema “Pemanfaatan IT dan Pembuatan Soal Online Office 365”.  Kegiatan   inservice ke-2 ini diselenggarakan secara virtual pada hari Kamis, 5 Agustus 2021 pukul 08.00 s.d.12.00 WIB dan diikuti oleh 50 guru bahasa Indonesia SMP/MTs Negeri maupun Swasta di subrayon 01. Moderator kegiatan,  Endang Wahyuningsih, mengawali kegiatan dengan   menyapa peserta  yang telah hadir pada meeting room dan membacakan susunan acara. Pada acara inti,  narasumber, Sriyono dari  SMP IT Al-Huda,  memaparkan materi membuat tugas secara online. Materi ini merupakan kelanjutan dari materi membuat kuis online yang telah disampaikan pada inservice ke-1.  Pembuatan kuis dan tugas online membantu meringankan pekerjaan guru dan memudahkan siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19.

Pada sesi tanya jawab,  Ernawati dari SMP Negeri 6 Wonogiri dan Suparni dari SMP Negeri 2 Ngadirojo menyampaikan kendala yang dihadapi dalam pembuatan kuis dan tugas online. Narasumber  memberikan penjelasan dan solusi dibantu  oleh Saryanto, guru SMP Negeri 1 Wonogiri  yang turut berbagi pengalaman. Penyampaian materi diselingi arahan dari Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMP Rayon Wonogiri. Dalam sambutannya, Sriyono  mengapresiasi peserta kegiatan yang berjuang untuk sehat tetapi tidak menyurutkan semangat untuk  melaksanakan kegiatan MGMP secara virtual  dan mengajar secara daring. Ini merupakan dedikasi dan loyalitas yang sempurna dari seorang guru. Beliau mengajak peserta untuk selalu menjaga dan menaati protokol kesehatan karena saat ini tidak ada yang lebih penting selain kesehatan. Sriyono memotivasi guru agar aktif melakukan kegiatan MGMP untuk update informasi dan menambah wawasan. “Kalau kita terkurung di sekolah, akan banyak informasi yang terlewatkan,” kata Sriyono.

Sriyono mengimbau guru bahasa Indonesia, terutama guru kelas VIII, untuk  menyiapkan peserta didik menghadapi Assesment Kompetensi Minimum (AKM) yang akan dilaksakan pada tanggal 27 s.d. 30 September 2021. Pada sesi tanya jawab, Betty Retno Wikaningtyas dari SMP Negeri 3 Wonogiri menyampaikan pertanyaan apakah soal AKM, khususnya literasi, fokus pada mapel bahasa Indonesia atau terintegrasi mapel lain.  Sriyono menjelaskan bahwa meskipun soal-soal AKM terintegrasi dengan mata pelajaran lain, Guru bahasa Indonesia paling dominan dalam kompetensi menjawab soal terutama aspek literasi. Menanggapi usulan agar siswa dapat mengikuti simulasi secara luring, Sriyono mengatakan bahwa hal itu  akan dikoordinasikan dengan gugus tugas Covid-19.

Moderator mempersilakan Ketua MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 01 Wonogiri menyampaikan sambutan sekaligus menutup kegiatan. Dalam sambutannya, Hery Susanto  mengajak guru-guru bahasa Indonesia di Subrayon 01 Wonogiri untuk mengaktifkan kegiatan di MGMP karena yang bisa menghidupkan kegiatan di MGMP adalah anggota MGMP itu sendiri. “Kita harus  meningkatkan  sinergi,  kinerja, kekompakan dan kebersamaan antarguru untuk saling membantu dan memberi manfaat. Untuk itu kita akan memaksimalkan narasumber yang ada di MGMP,” kata Hery Susanto.

Hery Susanto juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber dan peserta KKG yang telah berpartisipasi sehingga  kegiatan berjalan dengan lancar. Selanjutnya, Ketua MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 01 Wonogiri  itu menyampaikan agenda kegiatan berikutnya yaitu onservice yang  akan dilaksanakan hari Jumat, 6 Agustus 2021pukul 14.00 WIB. Pada akhir acara, peserta berfoto diajak bersama untuk dokumentasi kegiatan.