MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 01 Sukses Gelar KKG Paket 5

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat membantu dalam proses pembelajaran di masa pandemi Covid­-19. Oleh karena itu, guru dituntut untuk menguasai kemampuan tersebut. Dalam upaya meningkatkan keterampilan guru menggunakan TIK, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMP Subrayon 01 Wonogiri menyelenggarakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 5   dengan tema “Pemanfaatan IT dan Pembuatan Soal Online Office 365”. Kegiatan ini diselenggarakan secara virtual dengan menggunakan Microsoft Teams pada Kamis, 29 Juli 2021 pukul 08.00-12.00 WIB. Kegiatan diikuti oleh 51 guru bahasa Indonesia SMP/MTs negeri maupun swasta di subrayon 01 Kabupaten Wonogiri. Kegiatan dipandu oleh Sunardi. Beliau mengawali kegiatan dengan   menyapa peserta yang telah hadir pada meeting room dan membacakan susunan acara kegiatan.

Acara berikutnya adalah sambutan dari Rajiman selaku Koordinator MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 01. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi kepada pengurus MGMP dan juga peserta Kegiatan Kolektif Guru. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah ilmu dan berdampak positif pada kegiatan pembelajaran. Beliau menghimbau semua guru bahasa Indonesia tetap bersemangat dan berkreasi melayani anak didik. Selanjutnya, beliau juga mengajak   untuk mendoakan guru-guru khususnya guru bahasa Indonesia yang telah gugur di masa pandemi agar amal ibadah mereka diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Di akhir sambutannya, beliau berpesan agar peserta kegiatan  meningkatkan iman, imun, amal ibadah dan tetap istiqomah dalam menjalankan tugas. Sambutan berikutnya dari ketua MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 01 Wonogiri, Hery Susanto. Dalam sambutannya, beliau mengajak semua guru bahasa Indonesia subrayon 01 aktif mengikuti kegiatan karena materi kegiatan sangat bermanfaat bagi guru dalam meningkatkan profesionalitas dan bermanfaat bagi siswa berupa peningkatan hasil belajar. Beliau juga mengingatkan bahwa kegiatan kolektif guru (KKG) adalah dari, oleh, dan untuk kita. Guru mapel bahasa Indonesia sebagai perpanjangan tangan pengurus MGMP, diminta mengaktifkan kegiatan MGMP di sekolah sehingga bisa saling membantu antarguru mapel di sekolah dan bisa berkoordinasi dengan guru dari sekolah lain.

Inti dari kegiatan ini adalah penyampaian materi oleh narasumber, Sriyono dari SMP IT Al-Huda. Beliau mengulas kembali materi membuat, menghadiri, dan mengadakan rapat dengan   platform Microsoft Teams yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya agar peserta kegiatan lebih “lanyah” dan familiar. Peserta kegiatan   mempraktikkan cara membuat kelas di Microsoft Teams dan membuat soal online dengan Microsoft Forms yang dapat digunakan dalam PJJ. Sistem ini adaptif terhadap segala situasi. Pada sesi tanya jawab, beberapa peserta kegiatan berbagi pengalaman dan menyampaikan kendala yang dihadapi   dalam pembuatan kelas dan soal online.  Narasumber memberikan solusi dari kesulitan yang dihadapi peserta kegiatan. Kegiatan juga dihadiri oleh Ketua MGMP Mapel Bahasa Indonesia Rayon Wonogiri. Dalam sambutannya, Sriyono, menyemangati peserta kegiatan dan mengingatkan agar kita tetap menjaga komitmen dalam memfasilitasi dan melayani peserta didik. Selain itu beliau mengingatkan para peserta untuk wajib menjaga 5M di tengah pandemi.

Di akhir kegiatan, moderator menyampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber dan peserta KKG yang telah berpartisipasi sehingga  kegiatan berjalan dengan lancar.  Setelah menyampaikan agenda kegiatan pada pertemuan berikutnya, moderator mengingatkan peserta untuk mengisi form daftar hadir melalui link yang sudah dibagikan. Selanjutnya, peserta diminta mengaktifkan video dan berfoto bersama untuk dokumentasi kegiatan.