MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 01 Gelar KKG  Pemanfaatan Microsoft Teams 365  dalam PJJ “Membuat Kelas Online”

Dalam upaya meningkatkan profesionalitas guru dan kualitas mutu pendidikan pada masa Pandemi Covid­-19 di kabupaten wonogiri, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMP Subrayon 01 Wonogiri tetap menyelenggarakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 4 pertemuan kedua  dengan tema Pembuatan Kelas Online dengan Microsoft Teams. Kegiatan ini diselenggarakan  secara virtual dengan menggunakan aplikasi Microsoft Teams  pada  Kamis, 06 Mei 2021  pukul 08.00 – 12.00 WIB, diikuti oleh 55 guru bahasa Indonesia SMP/MTs dari sekolah negeri maupun swasta di lingkungan subrayon  01 Kabupaten  Wonogiri.

Kegiatan Kolektif Guru  (KKG) secara virtual  dimulai pukul 08.00 WIB, dipandu oleh  Ketua MGMP Subrayon 01 Hery Susanto, yang juga berperan sebagai host.  Host mempersilahkan moderator untuk mulai memandu acara. Pratiwi  Widi Astoeti, selaku moderator mengawali kegiatan dengan   menyapa para  peserta KKG yang telah hadir  pada meeting room dan membacakan seluruh  susunan acara kegiatan.

Acara Kegiatan Kolektif Guru (KKG) ini dibuka oleh Hery Susanto,  selaku  ketua MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 01 Wonogiri. Dalam sambutannya  Hery Susanto,  mengajak semua guru Mapel Bahasa Indonesia Subrayon 01 yang belum bergabung pada kegiatan Kolektif Guru (KKG) untuk segera bergabung, karena Kegiatan  Kolektif Guru (KKG) ini bisa  menjadi tempat untuk berbagi dan diskusi tentang proses pembelajaran. Dalam sambutannya tersebut, Hery Susanto, juga mengungkapkan harapannya agar bapak/ibu  guru Mapel Bahasa Indonesia untuk menghidupkan kegiatan KKG dengan selalu  berperan aktif dalam kegiatan  yang diselenggarakan MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 01 Wonogiri.  Pada akhir sambutannya tidak lupa beliau memberikan semangat kepada para guru untuk  tetap berkontribusi dengan memaksimalkan teknologi dan kompetensi yang ada agar dapat  meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.

Acara selanjutnya penyampaian materi KKG oleh narasumber. Narasumber dipercayakan kembali kepada Sriyono, dari  SMP IT Al-Huda. Materinya tentang membuat, menghadiri, dan menjalankan rapat  dengan   platform Microsoft Teams yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya kembali disinggung oleh narasumber. Inti dari materi tersebut  adalah  untuk mempermudah siswa bergabung dalam meeting room, sebaiknya penulisan  alamat link  tidak disingkat agar tidak terjadi trouble. Selanjutnya narasumber menyampaikan materi inti pada pertemuan KKG kali ini, yaitu  membuat  kelas online. Narasumber menegaskan, bahwa  prosedur pembuatan kelas Microsoft Teams  persis seperti  kelas riil di sekolah. Untuk itu narasumber  memastikan handphone/laptop terinstal Microsoft Teams dan  memiliki akun Microsoft Teams 365.  Untuk mempermudah cara membuat kelas online ini, narasumber menjelaskannya  melalui  beberapa langkah dalam  tayangan gambar yang dipaparkan  secara terperinci pada layar meeting room. Dalam paparannya narasumber  menyampaikan bahwa dalam membuat kelas agar efektif maka bisa dibuat dengan nama kelas di setiap tingkat agar tidak terjadi salah masuk kelas. Jika guru  sudah membuat kelas digital  dan  membuat akun siswa, narasumber menyarankan apabila mengganti kata sandi akun siswa, sebaiknya siswa  mengisi nama depan ibu agar mudah diingat.  Hal lain yang disampaikan narasumber yaitu  mengenai kelebihan kelas Microsoft Teams  sangat luar biasa, diantaranya bagi siswa  yang telah memiliki akun dan tergabung ke dalam kelas online akan mendapatkan buku catatan digital yang akan digunakan sebagai sarana belajar peserta didik di kelas digital. Selain itu guru dan siswa dapat mengatur ruang kelas dan tugas, membangun kolaborasi dan berbagi file, serta akses materi kelas di satu tempat terpusat. Dengan kelas online ini,  siswa yang tidak dapat mengikuti proses pembelajaran yang telah dijadwalkan tetap dapat menyimak melalui rekaman yang telah disimpan oleh guru yang bersangkutan. Di akhir paparannya narasumber memberikan kesempatan kepada peserta KKG  untuk bertanya dan juga berbagi pengalaman mengenai masalah yang harus dibahas bersama mengenai pembuatan kelas online.

Dalam sesi tanya jawab ini, terdapat beberapa guru yang bertanya dan berbagi pengalaman mengenai pembuatan kelas online.  Kemudian narasumber memberikan  penjelasan dan saran satu-persatu  dengan baik. Kegiatan KKG yang diikuti sekitar 55 peserta ini berlangsung sekitar 3 jam dan berjalan dengan lancar. Pada kegiatan penutup, moderator menyampaikan simpulan dan ucapan terima kasih kepada narasumber atas materi yang telah disampaikan. Selanjutnya sebelum mengakhiri kegiatan, host menyampaikan agenda kegiatan pada pertemuan selanjutnya, dan tidak lupa ucapan terima kasih atas kehadiran peserta KKG. Sebelum mengakhiri pertemuan, host mengingatkan kepada para peserta untuk mengisi form daftar hadir melalui link yang sudah dibagikan. Selanjutnya, peserta diminta mengaktifkan video untuk foto bersama untuk pendokumentasian kegiatan.