MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 01 Gelar KKG Pemanfaatan LKPD Digital

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Subrayon 01 Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 1 pertemuan kedua pada Kamis, 10 Maret 2022 dengan mengusung tema” Pemanfaatan LKPD Digital”. Kegiatan kolektif ini diikuti 75 guru mata pelajaran Bahasa Indonesia se-subrayon 01 di Kabupaten Wonogiri. Kegiatan dilaksanakan secara virtual menggunakan aplikasi Microsoft Teams. Hery Susanto, selaku host, mengawali kegiatan dengan menyapa peserta yang yang telah hadir dalam meeting room. Selanjutnya, host mempersilakan Endang Wahyuningsih untuk memandu acara. Kegiatan diawali dengan mendengarkan lagu Hymne Bahasa Indonesia, dilanjutkan dengan sambutan dari Koordinator MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 01, Rajiman.

Dalam sambutannya, Rajiman mengapresisai pengurus MGMP yang telah mengemas kegiatan luar biasa ini. Beliau mengajak peserta mengikuti kegiatan sampai selesai, hingga memperoleh pemahaman materi kegiatan. “Marilah kegiatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya, seefektif mungkin, hingga hasilnya bisa ditularkan, dan dipraktikkan untuk peserta didik,” imbau Rajiman mengakhiri sambutannya. Sambutan berikutnya dari Ketua MGMP Bahasa Indonesia Rayon 01 Wonogiri, Sriyono. Dalam sambutannya, Sriyono berharap peserta menjadikan kegiatan ini untuk sharing ilmu seluas-luasnya bersama narasumber. Selain itu, Sriyono menyampaikan beberapa informasi penting terkait kegiatan yang harus diikuti oleh peserta didik kelas IX, yaitu PTS, Ujian Praktik, PAT, Ujicoba US, dan US. Sriyono juga mengingatkan guru yang belum menautkan SIM PKB dengan akun belajar untuk segera menautkan, mengingat batas waktu sampai tanggal 12 Maret 2022.

Pada acara inti, moderator mempersilakan narasumber untuk memaparkan materi kegiatan. Ernawati menyampaikan bahwa sebagai guru harus meningkatkan profesionalismenya dengan berinovasi dengan meningkatkan kemampuan dan keterampilan sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik. Melaui kegiatan ini, diharapkan guru dapat merancang suatu LKPD Digital yang menarik dan inovatif, serta mengimplementasikan LKPD Digital yang telah dibuat pada pembelajaran. Materi yang dipaparkan meliputi pengenalan LKPD digital, membuat akun Liveworksheets, membuat LKPD melalui Word dan dijadikan PDF, pengenalan menu/bagian Liveworksheets, mengelola materi dari LKPD ke Liveworksheets, mengedit beberapa tipe soal di worksheet, memasukkan link YoubTube materi ke Liveworksheets, menyimpan dan membagikan LKPD digital pada siswa. Selain itu, narasumber juga mempraktikkan langkah-langkah membuat LKPD Digital yang diikuti peserta dengan antusias. Sebelum menutup kegiatan, moderator menyampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber dan peserta KKG yang telah berpartisipasi dan tetap semangat mengikuti kegiatan. Moderator juga menyampaikan agenda kegiatan  pertemuan berikutnya  yang akan dilaksanakan pada Kamis, 17 Maret 2022.  Selain melanjutkan pemaparan materi oleh narasumber, direncanakan peserta wakil dari masing-masing subrayon mempresentasikan tugas yang diberikan oleh narasumber. Moderator mengingatkan peserta untuk mengisi form daftar hadir yang melalui tautan yang telah disiapkan panitia.