MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 01 Gelar KKG Paket 6

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Subrayon 01 SMP Kabupaten  Wonogiri menyelenggarakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 6 pertemuan ke-1 (Kamis, 26/8/2021). Kegiatan  dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan aplikasi Microsoft Teams, mengusung tema “Pengembangan Aplikasi Platform PJJ”. Kegiatan  diikuti oleh 49 guru Bahasa Indonesia SMP/MTs negeri maupun swasta se-Kabupaten Wonogiri.

Kegiatan  dimulai pukul 10.15 WIB.  Sriyono, guru SMP IT Al Huda Wonogiri, selaku host,  membuka acara dengan menyapa peserta KKG yang sudah masuk pada meeting room. Selanjutnya beliau mempersilakan moderator untuk memandu acara.

Endang Wahyuningsih, selaku moderator, memulai acara dengan menyapa Koordinator MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 01, Ketua MGMP Subrayon 01, host, narasumber, dan peserta kegiatan. Setelah  membacakan susunan acara, moderator  mengajak peserta  KKG  membuka kegiatan dengan membaca basmalah bersama-sama. Selanjutnya, moderator mempersilakan Ketua MGMP Subrayon 01 untuk memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Hery Susanto, menyampaikan ucapan selamat mengikuti KKG kepada peserta dan ucapan terima kasih kepada peserta yang telah bergabung di meeting room. Beliau menyampaikan  bahwa kegiatan KKG pada pertemuan ini baru dimulai pukul 10.15 WIB karena ada kegiatan MGMP Rayon Wonogiri yang harus dikuti oleh semua guru Bahasa Indonesia se-Kabupaten Wonogiri, yaitu “Sosialisasi UKBI Merdeka dan Penguatan Implementasi Kurikulum” pada pukul 08.00 s.d.10.00 WIB. Selain itu, beliau menyampaikan harapan dan mengajak kita untuk meningkatkan kompetensi melalui berbagai pengetahuan dalam rangka mencerdaskan anak bangsa.

Acara selanjutnya, penyampaian materi inti oleh narasumber Darmawan Basri, guru SMPN 1 Wonogiri tentang “Pengembangan Aplikasi Platform PJJ”. Beliau menjelaskan bahwa fasilitas platfom untuk PJJ sangat banyak macamnya. Namun, pada pertemuan ini hanya dibatasi pada Google Classroom. Untuk pembuatan Google Classroom kita harus memiliki akun belajar.id dan selanjutnya dipaparkan tentang langkah-langkah yang harus dilakukan untuk pembuatan Google Classroom. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut: Buka browser dengan kata kunci Google Classroom. Setelah muncul penelusuran alamat Google Classroom.com kita pilih situs tersebut. Lalu log in menggunakan akun belajar.id. Setelah berhasil log in kita pilih tombol (+) pada pojok kanan atas ada 2 pilihan (1) gabung ke kelas (untuk siswa) (2) buat kelas (untuk buat kelas online di Google Classroom). Lalu kita centang setelah muncul tulisan “Saya telah membaca dan memahami”. Lalu klik (lanjutkan) pada pojok kanan bawah. Selanjutnya, isi nama kelas, mata pelajaran, dan ruang, lalu klik menu (buat) pada pojok kanan bawah dan akan tampil kelas online di Google Classroom yang kita buat. Narasumber memasukkan peserta ke Google Classroom yang telah dibuat untuk menjadi siswa. Salah satu peserta KKG Puji Kamulyaningsih, guru SMPN 6 Wonogiri bertindak sebagai siswa, mencoba mengirimkan tugas di Google Classroom untuk ditanggapi oleh narasumber yang bertindak sebagai guru.

Kegiatan berakhir pukul 12.00 WIB. Pada pertemuan ini tidak ada tanya jawab. Peserta dipersilakan untuk menyampaikan pertanyaan melalui chat WA kepada narasumber yang siap menampung pertanyaan dan akan dibahas  pada pertemuan berikutnya, Kamis 2 September 2021.

Sriyono, menyampaikan agenda pertemuan yang akan datang.  Peserta diharapkan menggunakan kelas di Google for Education dengan link yang sudah dibagikan di grup MGMP Subrayon 01. Kegiatan ditutup dengan membaca hamdalah bersama-sama.