MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 01 Gelar KKG Paket 6 In 2   Pengembangan Aplikasi Platform PJJ 

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Subrayon 01 SMP Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 6 Pertemuan ke-2 (Kamis, 2 September 2021), secara virtual dengan menggunakan aplikasi Google Meet. Pada pertemuan ini mengangkat tema “Pengembangan Aplikasi Platform PJJ”. Kegiatan ini diikuti oleh 44 Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs Negeri maupun Swasta Kabupaten Wonogiri.

Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB. Sriyono (guru SMP IT Al Huda Wonogiri) sebagai Host membuka acara dengan salam dan ucapan syukur kepada Allah SWT. Beliau mengucapkan selamat bergabung di Google Meet  kepada peserta KKG. Mengawali pertemuan, dikumandangkan lagu “Himne Bahasa Indonesia”. Selanjutnya Sriyono mempersilakan Endang Wahyuningsih sebagai moderator (guru SMP Negeri 1 Wonogiri) untuk memandu acara.

Moderator membuka acara dengan menyapa Ketua MGMP Subrayon 01, narasumber, dan peserta yang sudah hadir di meeting room. Acara dibuka dengan bacaan basmalah. Setelah membacakan susunan acara, beliau mempersilakan Ketua MGMP Subrayon 01, Hery Susanto untuk menyampaikan sambutannya.

Hery Susanto (guru SMP Negeri 3 Wonogiri) dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada narasumber, Darmawan Basri. Beliau menyampaikan beberapa pengumuman, di antaranya tanggal 20 September 2021 akan dilaksanakan PTS Gasal bagi peserta didik kita dengan materi sesuai pemetaan dan himbauan agar kita mempersiapkan peserta didik dalam pelaksanaan AKM bagi kelas VIII. Mengakhiri sambutannya, beliau mengharapkan agar peserta mengikuti kegiatan ini sampai selesai dan himbauan agar peserta meningkatkan kegiatan MGMP, baik di tingkat sekolah maupun tingkat Subrayon.

Memasuki acara inti, moderator mempersilakan narasumber, Darmawan Basri (guru SMP Negeri 1 Wonogiri) untuk mempresentasikan materi “Pengembangan Aplikasi Platform PJJ”. Sebelumnya, Darmawan Basri mengapresiasi peserta yang sudah bergabung di meeting room sebanyak 44 guru. Beliau memaparkan bagaimana mengelola kelas dalam Google Classroom dengan mudah. Karena keterbatasan waktu pada pertemuan minggu yang lalu, jika ada peserta yang mungkin masih ada kendala dalam pemahaman materi dengan baik, beliau berkenan mengulangi penjelasan yang sudah disampaikan. Pada pertemuan ini, ditayangkan kembali classroom yang sudah dibuat narasumber. Kembali disampaikan agar guru dan siswa menggunakan akun sama (belajar.id). Peserta sebagai siswa diharapkan masuk dengan menuliskan kode yang telah disampaikan narasumber sebagai guru. Lalu ditayangkan materi Bahasa Indonesia kelas VIII. Lima siswa sudah respon dengan mengerjakan tugas yang langsung ditanggapi oleh guru.

Pada sesi tanya jawab, Sriyono (guru SMP IT Al Huda Wonogiri) menanyakan apa permasalahannya sehingga ada kesulitan terbentuk kelas yang sama, padahal ketika sudah dipraktikkan membuat kelas, guru dan siswa sudah menggunakan akun yang sama yaitu akun belajar.id. Sebenarnya akun apa saja bisa masuk kelas. Jika akun yang dipakai beda-beda, untuk impor nilai tidak bisa dilakukan. Solusinya untuk penilaian dilakukan secara manual.

Berikutnya, Sri Hartini (guru SMP Negeri 2 Wonogiri) menyampaikan bahwa selama ini belum menggunakan Google Classroom karena sudah menggunakan Google Meet . Pada Google Classroom apakah link meetingnya harus kita berikan kepada siswa. Ditanggapi oleh Darmawan bahwa yang harus dibuat terlebih dahulu adalah aplikasi Classroom. Di sana ada kode kelasnya yang harus dibagikan kepada siswa untuk masuk ke dalam Classroom tersebut.

Kegiatan KKG diakhiri pada pukul 11.30 WIB. Moderator menyampaikan bahwa narasumber masih berkenan menerima pertanyaan peserta melalui chat WA. Sebelum diakhiri, Hery Susanto mengucapkan terima kasih kepada Darmawan Basri yang telah memberikan ilmunya kepada guru-guru Bahasa Indonesia dan mengharapkan agar beliau memberikan tugas kepada peserta sebagai umpan balik. Sriyono menyampaikan agenda kegiatan pada pertemuan yang akan datang dan menguacapkan terima kasih atas partisipasi peserta KKG, serta mengingatkan agar peserta mengisi form daftar hadir melalui link yang sudah dibagikan. Lalu, acara ditutup dengan mengajak peserta membaca hamdalah bersama-sama.