MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 01 Gelar KKG Paket 2

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SR 01 Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 2 Pertemuan 2 pada haris Kamis, 25 Maret 2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan aplikasi Microsoft Teams. Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 2 Pertemuan 2 dengan narasumber Sriyono, dengan materi Kupas Tuntas AKM Literasi. Kegiatan yang diselenggarakan oleh MGMP Bahasa Indonesia SR 01 Kabupaten Wonogiri ini diikuti oleh 53 peserta guru bahasa Indonesia SMP/MTs Kabupaten Wonogiri.

Kegiatan diawali Host, Sriyono, guru SMPIT Al Huda Wonogiri dengan menyapa peserta KKG yang telah masuk pada meeting room. Selanjutnya Host mempersilakan waktu kepada Hery Susanto, guru SMP Negeri 3 Wonogiri selaku moderator untuk memandu acara.

Hery Susanto, selaku moderator dan ketua MGMP Bahasa Indonesia SR 01 manyampaikan agenda hari ini yaitu Kupas Tuntas AKM Literasi. Sesudah menyampaikan sambutan, moderator memberikan waktu kepada narasumber Sriyono, selaku Ketua MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Wonogiri beliau mengawali dengan menghimbau agar semua guru dapat mengikuti kegiatan KKG dengan penuh tanggung jawab yang rencananya 8 paket. Selanjutnya beliau menayangkan soal AKM dari salah satu tugas peserta diklat AKM MGMP SR 01 Kabupaten Wonogiri. Soal yang dibahas pada pertemuan hari ini, soal pilihan ganda tunggal dan kompleks atas nama Lilis Resnawati, guru SMP Negeri 2 Ngadirojo. Narasumber memberikan penjelasan dan pembetulan penulisan soal informasi dan fiksi yang sesuai dengan KBBI dan PUEBI.

Moderator memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya di sesi tanya jawab. Dadang Tempanata dari SMP 3 Wonogiri yang menanyakan tentang teori kebahasaan, apakah bisa masuk sebagai soal AKM, dan dijawab oleh narasumber bahwa soal-soal sekarang sifatnya tidak teoritis tetapi bersifat aplikatif. Pertanyaan berikutnya oleh Ernawati, guru SMP 6 Wonogiri bagaimana cara penilaian karakter peserta didik dalam AKM.

Penilaian karakter dalam AKM bisa dilihat pada saat anak belajar dengan kolaborasi dengan teman. Berkolaborasi dengan teman akan menimbulkan rasa saling menghargai, kerjasama, mandiri, dll. Penjelasan dari narasumber dapat memberikan pencerahan untuk perbaikan soal AKM pertemuan yang akan datang. Penjelasan dari narasumber dirasa sudah cukup jelas.

Narasumber menutup kegiatan KKG dengan suatu pesan bahwa kita sebagai guru bahasa Indonesia harus dapat menjadi suri tauladan untuk guru mata pelajaran lain dalam penyusunan soal AKM sesuai dan berpedoman pada KBBI dan PUEBI sehingga meminimalisir kekurangan dan kesalahan. Moderator menutup kegiatan KKG pada jam 11.30 WIB.