MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 01 Gelar KKG Paket 1  LKPD Digital

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Subrayon 01 Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 1 pertemuan ke-1 pada Kamis, 24 Februari 2022. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan aplikasi Microsoft Teams. KKG Paket 1  ini mengusung tema “Pemanfaatan LKPD Digital” yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan  dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Yuli Bangun Nursanti dan  Koordinator Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Wakimin sebagai narasumber. Kegiatan yang diselenggarakan oleh MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 01 Wonogiri ini diikuti 75 guru bahasa Indonesia di Subrayon 01 Kabupaten Wonogiri.

Kegiatan diawali host, Hery Susanto, guru SMP Negeri 3 Wonogiri, dengan menyapa para peserta KKG yang telah masuk pada meeting room. Selanjutnya host menyerahkan acara kepada moderator, Suryanti, guru MTs Negeri Wonogiri untuk memandu acara. Kegiatan diawali mendengarkan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan sambutan  dari Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMP Rayon Wonogiri, Sriyono. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa  KKG tahun 2022 terdiri atas 5 paket. KKG ini dimulai dari bulan  Februari  sampai dengan September 2022. Setiap Subrayon bertanggung jawab  atas penyelenggaraan setiap paketnya.

Kepala  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Kabupaten Wonogiri, Yuli bangun Nursanti, pada sambutannya menyampaikan tentang kebijakan Kemendikbudristek RI  mengenai program sekolah penggerak.  Program sekolah penggerak adalah upaya untuk mewujudkann visi pendidikan Indonesia dalam mewujudkan   Indonesia  maju  yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya  pelajar Pancasila. Harapannya semua sekolah di Kabupaten Wonogiri  wajib mengikuti program sekolah penggerak. Untuk Kabupaten Wonogiri  program sekolah penggerak masuk angkatan ke-3. Bagi kepala sekolah   yang telah  memenuhi syarat diharapkan  untuk segera mendaftar program sekolah penggerak, karena  saat ini Kabupaten Wonogiri  sudah  dalam proses pendaftaran.  Melalui MGMP Bahasa Indonesia  beliau menghimbau  agar bapak/ibu guru membantu kepala sekolahnya  agar sukses dalam mendaftar program sekolah penggerak.

Selanjutnya, narasumber pada Kegiatan Kolektif Guru (KKG) hari ini, Koordinator Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Wakimin. Beliau memaparkan materi “Pemanfaatan LKPD Digital”. LKPD merupakan sebuah perangkat pembelajaran  yang berperan penting dalam pembelajaran. LKPD ini  sebagai sarana untuk membantu dan mempermudah dalam kegiatan belajar-mengajar sehingga terbentuk interaksi efektif antara peserta didik dengan pendidik, dan dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik. LKPD juga berfungsi sebagai media yang membantu peserta didik untuk meningkatkan  pemahamannya terhadap materi melalui urutan langkah yang telah dirancang sebelumnya dan peserta didik dapat mengekspresikan  kemampuannya dalam memecahkan masalah. Di era digital sekarang ini, guru dituntut  untuk merancang pembelajaran  yang efektif, inovatif, menarik dan menyenangkan bagi  peserta didik dengan membuat LKPD digital  seperti Quizizz dan Google Form.   LKPD Digital merupakan salah satu alternatif  yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran yang terdiri dari materi dan  latihan soal yang dapat diakses melalui perangkat elektronik.

Kegiatan kali ini diwarnai dengan diskusi, sharing dan tanya jawab dari peserta berkaitan dengan materi  yang disampaikan narasumber sehingga kegiatan KKG virtual semakin hidup. Hal ini menunjukkan antusiasme peserta dalam berkegiatan. Narasumber berharap semoga para guru lebih bersemangat,  semakin kreatif dan inovatif   dalam merancang LKPD sehingga  mempermudah peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Di akhir kegiatan acara ditutup dengan  mendengarkan  lagu Bagimu Negeri.