MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 01 Gelar Kegiatan Kolektif Guru Paket 3 Pertemuan 2

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Subrayon 01 Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 3 Pertemuan 2 pada  Kamis, 15 April 2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan aplikasi Microsoft  Teams. Menghadirkan Ernawati sebagai narasumber dengan materi Pemilihan Bahan Ajar Video Pembelajaran. Kegiatan yang diselenggarakan oleh MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 01  Kabupaten Wonogiri ini diikuti oleh 50 peserta guru bahasa Indonesia SMP/MTs Kabupaten Wonogiri. Sriyono guru SMPIT Al Huda Wonogiri sebagai host mengawali kegiatan dengan menyapa peserta KKG yang telah masuk pada meeting room. Selanjutnya host menyerahkan pelaksanaan kegiatan kepada Bapak Sunardi guru SMP Negeri 2 Wonogiri selaku moderator untuk memandu acara.

Sunardi selaku moderator membuka kegiatan KKG bahasa Indonesia Subrayon 01 dan memberikan  waktu kepada Heri Susanto selaku  Ketua MGMP Subrayon 01. Heri Susanto mengucapkan terimakasih kepada semua guru bahasa Indonesia yang telah mengikuti kegiatan KKG sampai selesai.  Moderator kemudian memberikan waktu sepenuhnya kepada Ibu Ernawati sebagai narasumber tentang Pemilihan Bahan Ajar Video Pembelajaran. Narasumber mengulang materi sebelumnya dengan singkat, yaitu pembuatan flyer.

Dirasa pembuatan flyer sudah jelas bagi peserta, narasumber melanjutkan materi tentang pembuatan video pembelajaran menggunakan HP. Langkah-langkah pembuatan video pembelajaran menggunakan HP yaitu: 1) Pastikan aplikasi Kine Master sudah terdownload. 2) Pastikan sudah menyiapkan rekaman video pembelajaran dengan background hijau (greenscreen), rekaman mendatar (horizontal). Kita hanya menggunakan rekam HP, tidak menggunakan kamera lainnya. 3) Sudah menyiapkan flyer sebagai opening video. 4) Untuk mengedit, buka aplikasi Kinemaster, klik gambar plus (+) pilih rasio ukuran 16:9 (horizontal). 5) Selanjutnya akan muncul tampilan pilihan (layer, media, audio, dan voice). 6) Pertama, klik media, kemudian klik latar/background (pilih yang warna cerah). 7) Jika sudah warna akan muncul di bawahnya, kita klik di titik tiga (batas) lalu kita tarik/geser/kita panjangkan menyesuaikan waktu video yang kita buat. Narasumber juga menjelaskan bagaimana cara export dan share: 1) Klik di bagian tanda “berbagi” ada yang langsung di galeri, jika muncul Setelah itu klik export. 2) Untuk melihat hasil video kita, cari di manajemen file, pilih file lokal, kemudian cari di Kine Master. Pilih export, pilih yang paling atas (terbaru). 3) Agar tidak memenuhi memori sebaiknya kita unggah ke youtube, dan pengirimannya bisa melalui link youtube. Setelah narasumber selesai menjelaskan tentang pembuatan video pembelajaran menggunakan HP, waktu diberikan kepada Heri Susanto selaku ketua Subrayon 01. Tim Kreatif Subrayon 01  bekerjasama dengan Jawa Pos Radar Solo akan mengadakan kegiatan diklat penulisan Artkel Ilmiah yang akan terbit di Radar Solo. Ketua MGMP Subrayon 01 menghimbau guru bahasa Indonesia untuk mengikuti kegiatan diklat tersebut. Diakhir acara moderator memberikan waktu kepada peserta untuk bertanya kepada narasumber. Namun, peserta tidak ada yang bertanya maka kegiatan selesai dan ditutup oleh moderator pada pukul 11.30 WIB.