MGMP Bahasa Indonesia SR 01 Review Perangkat PJJ dan PKB Secara Virtual

MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 01 Kabupaten Wonogiri mengadakan pertemuan dengan suasana yang berbeda pada Kamis, 27 Agustus 2020 dengan tema “Review Perangkat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan PKB di Masa Pandemi Covid-19”.

Kegiatan ini digelar secara virtual melalui webinar, live Microsoft Teams yang diikuti oleh beberapa unsur dengan melibatkan Koordinator Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Bapak Wakimin, S.Pd.,M.Pd., kepala sekolah yang berbasis mapel Bahasa Indonesia serta semua guru mapel Bahasa Indonesia se-Kabupaten Wonogiri.

Kegiatan webinar kali ini, peserta yang bergabung dalam meeting room sejumlah  38  peserta. Sebenarnya jumlah guru bahasa Indonesia di Subrayon 01 jumlahnya lebih dari 50 orang. Beberapa peserta yang izin, tidak bisa bergabung dalam meeting room tersebut dikarenakan ada kepentingan. Maka, peserta yang bergabung belum bisa maksimal atau seluruhnya. Harapannya, pada kesempatan selanjutnya diupayakan seluruh guru bahasa Indonesia di Subrayon 01 bisa mengikuti kegiatan virtual.

Kegiatan virtual diawali dengan pembukaan oleh Ibu Ernawati, S.Pd., M.Pd. selaku ketua MGMP Bahasa Indonesia SR 01 Kabupaten Wonogiri, sekaligus sebagai moderator pada acara webinar ini. Beliau menyampaikan tujuan kegiatan, agar para guru peserta vicon dapat memahami lebih dalam tentang materi yang disampaikan oleh narasumber khususnya tentang Review Perangkat Pembelajaran Jarak Jauh dan PKB di Masa Pandemi Covid-19. Selanjutnya, beliau juga berpesan agar semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini sampai selesai dan bisa mengimplementasikan apa yang didapat  dalam kegiatan webinar tersebut di sekolahnya masing-masing.

Sambutan selanjutnya dari ketua MGMP Bahasa Indonesia Rayon  Kabupaten Wonogiri, Sriyono, S.Pd., M.Pd. Beliau mengajak para guru mapel bahasa Indonesia untuk dapat menyimak dengan baik apa yang dipaparkan oleh narasumber, yang kebetulan basic ilmunya sama, yaitu bahasa Indonesia. Terkait dengan review perangkat pembelajaran jarak jauh dan PKB di masa pandemi covid-19, kita harus siap menghadapi berbagai perubahan dan perkembangan yang terjadi. Kondisi saat ini jangan sampai mematahkan semangat guru mapel bahasa Indonesia.  Semua komponen pendidikan harus siap menghadapi situasi dan kondisi yang kurang kondusif dengan melakukan kegiatan dengan baik.

Harapannya kegiatan ini bisa ditingkatkan dan dilanjutkan secara periodik disesuaikan dengan kebutuhan bapak ibu guru mapel bahasa Indonesia di Kabupaten Wonogiri. Semoga bapak ibu guru peserta bisa mengikuti kegiatan webinar pada hari ini sampai selesai dan bisa mengambil manfaat  dari kegiatan webinar hari ini.

Paparan materi disampaikan oleh Bapak Wakimin, S. Pd,, M.Pd. dengan tema ”Review Perangkat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan PKB di Masa Pandemi Covid-19”. Narasumber mengupas materi tentang silabus dan RPP berdasarkan lampiran instrumen perangkat pembelajaran. Pada bagian silabus guru dimohon untuk mengecek kembali dan melengkapi identitas mata pelajaran yang terdiri dari satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas/semester, tahun pelajaran, alokasi waktu.

Perumusan Indikator hendaknya disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan disesuaikan KD dan kata kerja operasional, baik aspek pengetahuan maupun keterampilan. Perumusan materi pembelajaran diurutkan secara hirarki dan disesuaikan dengan karakteristik dan perkembangan peserta didik. Materi pembelajaran harus memasukkan nilai-nilai karakter, kegiatan literasi, dan menguasai  kompetensi abad 21, yaitu 4C (Comunicatif, Critical Thinking, Colaboration, dan Creatif dan Inovatif). Intrumen penilaian pun harus ada kesesuaian dengan IPK.

Terkait dengan RPP masa pandemi Covid-19 menggunakan RPP daring dengan tiga komponen utama, yaitu : tujuan, langkah pembelajaran, dan penilaian. Adapun rumusan tujuan pembelajaran harus sesuai dengan penilaian yang akan dicapai. Tujuan pembelajaran hendaknya memberikan gambaran pencapaian hasil belajar dan memuat audiens, behaviour, condition, dan degree. Tujuan pembelajaran yang HOTS bisa mengambil kata kerja C4, C5, C6. Pada prinsipnya mengajak anak untuk berlatih berpikir kritis.

Materi selanjutnya, PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) yang meliputi 3 sub unsur, yaitu pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.

Di akhir paparannya, narasumber mengajak semua peserta webinar untuk lebih cermat dan teliti untuk menyiapkan perangkat pembelajaran lebih baik menyesuaikan dengan kondisi saat ini dan kondisi peserta didik lebih baik lagi terutama dalam menyusun silabus dan RPP dan bisa diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran. Berkaitan dengan PKB diharapkan akan terwujud guru yang professional dan memiliki ilmu pengetahuan yang kuat dan memiliki  kepribadian yang  matang, kuat, dan seimbang.

Semoga dengan kegiatan ini mampu menambah semangat kita dalam kondisi pandemi  ini serta mempererat tali silaturahim di antara guru mapel bahasa Indonesia di Kabupaten Wonogiri. Mari kita tingkatkan daya kreativitas dan inovasi kita dalam menghadapi pandemi ini.