MGMP Bahasa Indonesia SR 01 Gelar KKG Paket 1

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SR 01 SMP Kabupaten Wonogiri pada hari Kamis 4 Maret 2021 menyelenggarakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 1 Pertemuan 3. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan aplikasi Microsoft Teams. Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 1 Pertemuan 3  ini mengupas  tentang Penyusunan Kurikulum dan RPP, pengumpulan tagihan  KKG dan presentasi tagihan oleh peserta KKG. Kegiatan yang diselenggarakan oleh MGMP Bahasa Indonesia SR 01 Kabupaten Wonogiri ini diikuti oleh 56  guru bahasa Indonesia SMP/MTs Kabupaten Wonogiri.

Kegiatan diawali oleh Sriyono, selaku host, guru SMPIT Al Huda Wonogiri  dengan menyapa para  peserta KKG yang telah masuk pada meeting room. Selanjutnya host mempersilahkan Hery Susanto, guru SMP Negeri 3 Wonogiri selaku moderator pada  kegiatan kali ini untuk memandu acara.

Ketua MGMP Bahasa Indonesia SR 01, Ernawati dalam sambutannya menyampaikan  agenda hari ini yaitu pengumpulan tagihan dari peserta KKG mengenai penyusunan RPP. Berkaitan dengan reorganisasi MGMP Bahasa Indonesia SR 01 sudah terbentuk tiga orang terpilih yaitu Hery Susanto, Sriyono, dan Sunardi agar segera membentuk tim yang sudah terpilih sehingga dapat bekerja lebih baik dan amanah. Selanjutnya beliau menyampaikan harapan agar peserta selalu berpartisipasi aktif dalam kegiatan MGMP Bahasa Indonesia SR 01.

Pertemuan KKG hari ini diawali dengan kegiatan presentasi peserta KKG paket 1 pertemuan 3 yaitu: Dwi Rohmani, guru SMP N 7 Wonogiri yang menyajikan RPP  kelas  IX Materi  Teks Fiksi dan Nonfiksi KD 3. 13 Menggali informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi, dilanjutkan oleh Betty  Retno Wikaningtyas,  guru  SMP N 3 Wonogiri menyajikan RPP kelas  IX Materi Teks Cerpen KD. 3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca dan didengar. Pemateri ketiga yaitu Tri Indarwanti,  guru SMP N 6 Wonogiri menyajikan  RPP kelas VIII, Materi Teks Puisi KD 3.8 Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca, dilanjutkan pemateri berikutnya yaitu Supadmi,  dari SMP N 3 Ngadirojo menyajikan RPP kelas VIII Materi  Teks Persuasi KD. 3.13 Mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan actual dari teks persuasi ( lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca. Selanjutnya acara dilanjutkan tanggapan, tanggapan yang pertama dari bapak Paijan, dari SMP N 3 Wonogiri untuk ibu Supatmi, RPP sudah bagus, yang perlu ditambah tentang tujuan pembelajaran juga perlu memasukkan sikap spiritual, dan   tujuan C 1 dan C2 tidak dipergunakan lagi tetapi menuju C yang lebih ditingkatkan lagi. Perlu memasukkan cara berpikir abad 21 (4C). Tanggapan kedua datang dari Rina Istiqomah, M.Pd. guru SMP N 7 Wonogiri terkait kegiatan AKM untuk jadwal sudah dishare di grup MGMP Rayon. Tanggapan ketiga datang dari Dwi Rohmani, guru SMP N 7 Wonogiri  untuk kegiatan KKG yang terdiri dari 8 paket, maka dari itu peran dari bp ibu guru bahasa Indonesia sangat diperlukan.

Paparan selanjutnya dari Sunardi, dari SMP N 2 Wonogiri menyajikan RPP kelas IX Materi  Teks Pidato Inspiratif. KD. 3.3 Mengidentifikasi gagasan pikiran, pandangan, arahan atau teks pidato persuasif tentang permasalahan actual yang didengar dan ditulis. Kegiatan KKG diwarnai dengan adanya pertanyaan-pertanyaan dari beberapa peserta KKG yang ikut menanggapi presentasi dari perwakilan  peserta KKG. Hal ini menunjukkan antusiasme peserta dalam kegiatan.