MGMP Bahasa Indonesia SMP  Subrayon 04 Jatisrono Gelar KKG Paket 3

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Subrayon 04 Jatisrono Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) paket 3 secara virtual menggunakan aplikasi microsoft teams (Kamis, 6/5/2021). Kegiatan tersebut diikuti oleh 38 peserta atau sekitar 61,29% dari jumlah peserta seluruhnya. Narasumber pada kegiatan ini adalah Ketua MGMP Bahasa Indonesia  Kabupaten Wonogiri Sriyono yang menyampaikan materi “Pemilihan Bahan Ajar dan Penilaian”.

Pada praacara, Hery Suryanto selaku host menyapa para peserta yang masuk meeting room. Selanjutnya, host menyerahkan waktu kepada moderator,  Sri Haryanti sebagai pemandu acara mengingatkan hal-hal teknis terkait kelancaran kegiatan ini. Pertemuan ini dimulai tepat pukul 09.00 WIB.

Kegiatan diawali dengan doa dan dilanjutkan pembukaan oleh moderator, kemudian laporan dari Ketua MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 04, Hery Suryanto. Beliau memaparkan inti dari kegiatan KKG paket 3. Semua guru Bahasa Indonesia diwajibkan mengikuti KKG sebagai sarana mengembangkan diri. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Koordinator MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 04 Jatisrono Utami Padriastuti. Beliau Menyampaikan kegiatan MGMP memerlukan waktu dan tenaga untuk persiapan yang lebih matang guna menyelesaikan rangkaian satu paket yang dilaksanakan secara in dan on. Kegiatan ini mengambil materi pemilihan bahan ajar harus disesuaikan  dengan masa pandemi, sehingga bahan ajar tersebut bisa diimplementasikan dalam pembelajaran jarak jauh, diharapkan MGMP Bahasa Indonesia dapat  bergerak serentak mewujudkan merdeka belajar sesuai dengan tema Hari Pendidikan Nasional.

Sesi berikutnya pemaparan materi yang disampaikan Ketua MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Wonogiri, Sriyono. Mengawali penyampaian materinya, yaitu “Pemilihan Bahan Ajar dan Penilaian”, Sriyono menyapa peserta KKG, mengucapkan terima kasih atas antusiasme peserta  dalam mengikuti kegiatan ini, meskipun kondisi pandemi masih berlangsung. Beliau menjelaskan tentang “Pemilihan Bahan Ajar dan Penilaian” dengan begitu jelas, konsep pemilihan bahan ajar ada lima yaitu fakta, konsep, prinsip, prosedur dan nilai. Syarat bahan ajar harus mampu membelajarkan siswa meskipun tanpa ada atau tanpa bantuan guru dan bahan ajar tersebut berupa uraian atau paparan materi yang bersifat substansial. Jenis bahan ajar meliputi buku siswa, buku guru, diktat, modul, handout dan lembar kerja siswa. Pada materi penilaian, beliau menyampaikan penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan, Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) merupakan langkah pertama dalam proses  penilaian. Setelah itu dilanjutkan sesi tanya jawab dan sharing dari peserta KKG. Di akhir penyampaiannnya Sriyono menjelaskan bahan ajar disesuaikan dengan kondisi nyata, memanfaatkan buku teks siswa dan lembar kerja siswa, manfaatkan bahan ajar dari lingkungan sekolah, internet, sumber belajar lain, media cetak, radio dll.

Pada kegiatan penutup, moderator mengucapkan terima kasih kepada narasumber atas materi yang telah disampaikan. Sebelum mengakhiri kegiatan, host mengucapkan terima kasih kepada semua peserta KKG yang telah mengikuti kegiatan ini. Di akhir pertemuan, Sri Haryanti dan Hery Suryanto pada closing statemant mengharap agar peserta KKG bisa memanfaatkan waktu KKG dengan baik dan mengumpulkan tagihan-tagihan yang diberikan.