MGMP  Bahasa Indonesia  SMP Selenggarakan IN 2 Diklat PKB

MGMP Bahasa  Indonesia SMP Kabupaten Wonogiri kembali mengadakan kegiatan IN 2 Diklat PKB pada Kamis, 16 September 2021 dengan agenda  Penyusunan Best Practice dan Laporan Pengembangan Diri. Kegiatan dilaksanakan secara virtual menggunakan platform Microsoft Teams dengan moderator Lilik Rusmiyatun,  host Saryanto, dan dengan peserta guru bahasa Indonesia di Kabupaten Wonogiri  sejumlah  186  peserta.

Kegiatan diawali dengan pengantar singkat  ketua panitia, sekaligus Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Wonogiri, Sriyono.  Diklat PKB  Kegiatan IN 2 dikuti oleh 186 peserta dan diharapkan dari kegiatan ini peserta vicon bisa memanfaatkan kesempatan  untuk menghasilkan sebuah karya yang dapat dinilaikan untuk PAK.  Panitia akan mewadahi kegiatan ini dengan membentuk grup WA untuk memberi kesempatan peserta vicon yang memerlukan bimbingan dari narasumber dalam penyusunan karya dari tanggal 17 sampai dengan 21  September 2021.  “Mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk menggali lebih dalam tentang PKB dan dapat menghasilkan sebuah karya yang tentunya bermanfaat,” ajaknya.

Paparan  materi  Penyusunan Best Practice diuraikan Wakimin, Koordinator Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Beliau memaparkan Best Practice  merupakan bentuk publikasi ilmiah yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengatasi berbagai masalah di sekolah dalam melaksanakan tupoksinya sebagai guru saat melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah yang didasarkan pada penguasaan substansi materi pedagogik yang teraplikasi di dalam kegiatan pembelajaran. Karakteristik Best Practice mampu mengembangkan inovasi dalam mengatasi suatu masalah pendidikan khususnya pembelajaran, mampu memberikan perubahan, mampu mengatasi persoalan tertentu atau dampak secara berkelanjutan, serta memberi inspiratif dalam membuat kebijaksanan. Best Practice harus orisinal, inovatif,  elaboratif,  inspiratif, empirik, dan aplikatif. “Best Practice bisa berupa hal baru yang inovatif dan mampu menyebabkan perubahan serta bermanfaat secara berkelanjutan,” tambahnya.

Paparan materi Laporan Pengembangan Diri (PD) diuraikan oleh Sriyono Ketua  MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Wonogiri sekaligus Tim Penilai PAK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Salah satu kegiatan yang dapat diperhitungkan angka kredit bagi guru adalah kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), salah satunya adalah Pengembangan Diri. Kegiatan pengembangan diri pada kegiatan PKB adalah kegiatan yang dilakukan guru untuk meningkatkan kompetensi dan keprofesiannya. Kegiatan tersebut bisa dilakukan melalui Diklat fungsional dan melalui Kegiatan Kolektif Guru  (KKG). Bukti fisik yang disertakan laporan, fotokopi sertifikat, serta surat tugas. Laporan Pengembangan Diri disajikan dengan kerangka meliputi: bagian awal, yang memuat judul diklat yang diikuti, keterangan tentang waktu pelaksanaan diklat, di mana kegiatan diklat diselenggarakan, tujuan dari penyelenggaraan diklat, dan lama waktu pelaksanaan diklat. Bagian isi, meliputi uraian rinci dari tujuan diklat/ pengembangan diri yang dilakukan, penjelasaan isi materi yang disajikan dalam diklat/ pengembangan diri serta uraian kesesuaian dengan peningkatan keprofesian guru yang bersangkutan, tindak lanjut yang akan atau telah dilaksanakan oleh guru peserta diklat/pengembangan diri berdasarkan hasil dari mengikuti diklat tersebut, dampak terhadap peningkatan kompetensi guru dalam peningkatan mutu KBM dan siswanya. Yang terakhir, bagian penutup, merupakan bagian akhir  lampiran yang terdiri dari matrik ringkasan pelaksanaan diklat, fotokopi sertifikat,  serta surat tugas.

Dari kegiatan diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) ini diharapkan guru memperoleh kesempatan untuk melakukan pengembangan keprofesian secara berkelanjutan  sehingga diharapkan dapat memperkecil jarak antara pengetahuan, keterampilan, kompetensi sosial, dan kepribadian yang mereka miliki sekarang dengan apa yang menjadi tuntutan di masa depan. Harapannya adalah terwujudnya guru yang profesional dan memiliki ilmu pengetahuan dan memiliki kepribadian yang matang, kuat, dan seimbang.