MGMP Bahasa Indonesia Gelar KKG Paket 3

MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Wonogiri menggelar Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Kamis, 19 Mei 2022. Acara yang bersamaan dengan peringatan hari jadi Wonogiri yang ke-281 ini dimulai pukul 10.00 WIB. Pembukaan mundur sekitar satu jam dikarenakan narasumber dan peserta mengikuti apel hari jadi Kabupaten Wonogiri di tempat kerja masing-masing. 

KKG yang diikuti oleh seluruh guru Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Wonogiri dibuka oleh ketua MGMP Subrayon 03 Sagiman, koordinator MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 03 Suparno juga terlihat ikut bergabung. Beliau menyampaikan banyak terimakasih atas kerjasamanya, sehingga kegiatan yang sudah direncanakan ini dapat dimulai. Selain itu, kepala SMP Negeri 1 Giritontro ini juga menghimbau kepada seluruh guru Bahasa Indonesia untuk tetap kreatif, inovatif, dan semangat menyambut pemulihan dari masa pandemi dan menyambut hadirnya kurikulum baru yang telah diwacanakan. 

Pada kesempatan kali ini, KKG MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Wonogiri menghadirkan narasumber dari pengawas sekolah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Perangkat pembelajaran merupakan dokumen utama seorang guru dalam menjalankan tugasnya. Muhammad Suyatno sebagai narasumber menyampaikan bahwa sebagai pendidik, kita perlu menyiapkan diri untuk transisi ke kurikulum baru, yaitu kurikulum merdeka. Dengan berubahnya kurikulum akan diikuti pula berubahnya dokumen pembelajaran antara lain perangkat pembelajaran. Dalam kesempatan kali ini, Beliau lebih membahas silabus dan RPP kurikulum yang sedang berlaku saat ini. Kreatifitas dan inovasi guru sangat dibutuhkan dalam menyusun perangkat pembelajaran. Demi terwujudnya tujuan pembelajaran, skenario pembelajaran dibuat secara efektif, efisien dan semenarik mungkin.  

Pertemuan yang dilaksanakan secara daring melalui platform Ms. Team ini berakhir setelah istirahat untuk sholat dzuhur. Sebelum pemberian materi ditutup, Muh. Suyatno menegaskan kembali bahwa sebagai guru harus siap dengan segala perubahan, dengan inovasi dan kreativitas yang selalu diasah akan terwujudnya pembelajaran yang menyenangkan dan berkualitas. Acara berakhir dan ditutup dengan lagu Bagimu Negeri, kegiatan KKG MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Wonogiri Paket 3 di pertemuan pertama ini berakhir dan berjalan sesuai dengan rencana.