MGBK Subrayon 04 Selenggarakan KKG Materi Percepatan PMM

Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Subrayon 04 sukses selenggarakan Percepatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada Pelatihan Mandiri. Kegiatan ini diikuti anggota MGBK sejumlah 37 peserta pada Selasa (13/9/2022). Kegiatan dibuka oleh Rosita, guru SMPN 3 Sidoharjo selaku moderator. Acara berikutnya sambutan ketua MGBK, Nuriah Halleyda, guru SMPN 2 Jatisrono. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi kekompakan dan peran aktif seluruh anggota dalam kegiatan KKG. Tujuan Kegiatan KKG memfasilitasi dan mendampingi peserta menyelesaikan pelatihan mandiri pada PMM (platform Merdeka Mengajar). Percepatan PMM ini pertama kalinya dilaksanakan di KKG sehingga diharapkan peserta KKG mengikuti dengan sungguh-sungguh dan dapat memperoleh pengetahuan dari modul-modul di Pelatihan Mandiri untuk diaplikasikan dalam pembelajaran.

Acara selanjutnya penyampaian materi oleh Bondan, guru SMPN 1 Jatisrono. Beliau menyampaikan Pelatihan Mandiri terdiri atas 9 topik, dalam satu topik terdiri beberapa modul. Topik yang dipelajari dalam PMM antara lain Merdeka Belajar, Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, Perencanaan Pembelajaran SMP/Paket B, Asesmen SMP/Paket B, Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SMP/Paket B, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMP/Paket B, Disiplin Positif, dan Asesmen Awal Pembelajaran Literasi.

Pada pertemuan yang dimulai pukul 08.00 dan berakhir sampai dengan 12.00 WIB tersebut peserta dapat menyelesaikan Pelatihan Mandiri Topik Merdeka Belajar. Peserta mulai mempelajari modul ajar, refleksi, dan mengerjakan post test. Produk aksi nyata dapat diselesaikan di unit kerja masing-masing. Pertemuan yang akan datang melanjutkan pelatihan mandiri topik yang lain. Diharapkan dalam waktu satu bulan 9 topik di Pelatihan Mandiri dapat  selesai oleh seluruh peserta.