MGBK Subrayon 04 Jatisrono Kupas Tuntas AKPD

MGBK Subrayon 04 Jatisrono melaksanakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) dengan Microsoft Teams diikuti sebanyak 29 peserta (Selasa, 23/3/2021). Kegiatan KKG Paket 2, pertemuan pertama membahas tentang Asesmen Kebutuhan Peserta Didik (AKPD). Bondan Novita Sari dari SMP Negeri 1 Jatisrono sebagai host menyapa para peserta. Kegiatan ini dipandu oleh moderator Ratna Febri dari SMP Negeri 2 Girimarto. Kegiatan diawali sambutan dari Ketua MGBK Nuriah Halleyda, SMP Negeri 2 Jatisrono. Dalam sambutannya memberikan motivasi kepada seluruh guru BK di Subrayon 04 Jatisrono untuk aktif mengikuti KKG yang diselenggarakan MGBK sebagai wadah untuk pengembangan diri, peningkatan pengetahuan dan keterampilan sebagai guru BK dan mengikuti perkembangan informasi dalam dunia pendidikan.

Kegiatan inti disampaikan oleh Ninuk Dwi Sutartini selaku narasumber, pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. AKPD penting untuk dipahami dan dikuasi oleh guru BK selaku konselor sekolah, karena merupakan langkah awal seorang guru BK mengungkap kebutuhan dasar peserta didik hingga pengelolaan layanan untuk membantu peserta didik mencapai tugas perkembangan. Adapun langkah asesmen yakni pertama, mengidentifikasi data; kedua, memilih instrumen pengumpulan data sesuai kebutuhan; ketiga, mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menginterpretasi data hasil asesmen kebutuhan. Selanjutnya hasil asesmen dapat digunakan sebagai dasar untuk menyusun profil individu peserta didik, profil kelas, program tahunan dan semester, serta menyusun rancangan pemberian layanan.

Kegiatan diakhiri dengan diskusi, sharing dan tanya jawab dari peserta berkaitan dengan penyusunan AKPD. Hasil KKG paket 2 pertemuan pertama diharapkan guru BK menguasai konsep dan praktik asesmen kebutuhan peserta didik.