MGBK Subrayon 04 Jatisrono Gelar Bedah Soal Teknis PPPK

Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) Subrayon 04 Jatisrono menyelenggarakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG)  Paket 3 pertemuan ke-2 dengan tema “Bedah Soal Teknis dan Trik Lolos Ujian P3K”. Kegiatan ini diselenggarakan secara virtual pada Senin, 9 Agustus 2021 pukul 08.00 s.d.10.30 WIB yang diikuti oleh 53 guru BK SMP dari Subrayon 01, 02, 03, 04, dan 05. Nuriah Halleyda selaku host dalam kegiatan ini menyapa peserta yang telah hadir di ruang Google Meet. Kegiatan selanjutnya dipandu oleh Khoiriyah Dinawati dari SMPN 1 Girimarto selaku Moderator dengan baik dan lancar. Kegiatan diawali dengan sambutan dari Isbudiarti selaku Koordinator MGBK Subrayon 04 Jatisrono. Beliau mengapresiasi anggota MGBK Subrayon 04 Jatisrono karena telah mewadahi guru calon peserta ujian P3K untuk belajar dan berdiskusi bersama dalam rangka persiapan ujian P3K yang sebentar lagi dilaksanakan oleh seluruh GTT di lingkungan Kabupaten Wonogiri. Beliau juga mengimbau kepada calon peserta untuk fokus dan memanajemen waktu saat mengerjakan tes sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh Marno selaku Ketua MGBK Kabupaten Wonogiri. Beliau mengucapkan terima kasih kepada panitia kegiatan sehingga kegiatan ini dapat membantu GTT di lingkungan Kabupaten Wonogiri dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian P3K nantinya.

Pada acara inti dalam kegiatan ini dipaparkan mekanisme pelaksanaan ujin P3K oleh narasumber Hardiyo dari SMPN 2 Ngadirojo. Beliau telah mengadakan asesmen yang berkaitan dengan soal teknis dengan standar kesulitan yang berbeda-beda. Dari hasil asesmen terhadap calon peserta ujian P3K, diperoleh data ada yang mendapatkan nilai sangat memuaskan dan ada yang mendapatkan hasil masih sangat kurang. Oleh karena itu Hardiyo mengimbau kepada calon peserta P3K untuk memanfaatkan waktu yang ada untuk terus belajar dari berbagai sumber referensi. Kegiatan dilanjutkan dengan bedah soal, membahas soal-soal sesuai prediksi dan modul. Beliau membahas soal satu demi satu dengan sangat jelas dan rinci. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan peserta KKG.

Materi selanjutnya dipaparkan oleh Paryanti dari SMPN 1 Jatipurno, beliau adalah salah satu guru yang telah lolos ujian PPG dan CPNS tahun 2020. Paryanti menyampaikan tips dan trik persiapan menghadapi seleksi P3K. Beliau juga menyampaikan bagaimana cara belajar yang baik, cara membagi waktu untuk belajar, dan cara menjawab soal ketika menghadapi tes nantinya. Peserta KKG sangat antusias dengan kegiatan diskusi dan tanya jawab dengan narasumber. Dengan adanya sesi diskusi dan tanya jawab, kesulitan dan hambatan peserta P3K dalam menghadapi ujian dapat ditemukan jalan keluar.