MGBK Subrayon 04 Jatisrono Akhiri KKG Tahun 2021 dengan Penyusunan Laporan

Guru memiliki kewajiban untuk melakukan pengembangan diri melalui diklat, kegiatan kolektif, karya inovasi dan publikasi ilmiah. Pengembangan diri adalah upaya untuk meningkatkan profesionalisme diri agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan atau kebijakan pendidikan nasional serta perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Kegiatan ini dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan (diklat) fungsional dan teknis melalui kegiatan kolektif guru. Kegiatan kolektif guru di MGBK Sub Rayon 04 Jatisrono diprogramkan menjadi 4 paket, setiap paketnya terdiri dari 3 pertemuan. Kegiatan KKG ini dimulai pada bulan Februari 2021 dan berakhir pada bulan September 2021.

Dalam pertemuan KKG yang terakhir ini dilaksanakan secara virtual melalui google meet dan dihadiri oleh 28 peserta. Kegiatan ini dipandu oleh Handardiyono yang bertindak sebagai moderator. Diawali dengan pembacaan susunan acara dan pembukaan dengan bacaan basmalah. Acara dilanjutkan dengan pembacaan laporan oleh ketua MGBK Sub Rayon 04 Jatisrono Nuriah Halleyda, Nuriah Halleyda menyampaikan latar belakang, tujuan, manfaat, hasil dan kendala yang dihadapi selama pelaksanaan KKG. Acara kedua adalah penyampaian kesan dan pesan yang disampaikan oleh Eni Rahayuningsih selaku perwakilan anggota MGBK Sub rayon 04, beliau menyampaikan bahwasannya kegiatan KKG 2021 banyak menghadapi tantangan, karena pelaksanaan secara virtual dan bersamaan dengan kegiatan yang cukup padat disekolah.

Isbudiyarti selaku Koordinator MGBK Subrayon 04 memberikan apresiasi yang tinggi dan ucapan selamat pengurus MGBK karena kegiatan KKG tahun 2021 telah berakhir dan berjalan dengan lancar. Isbudiarti juga menyampaikan hendaknya guru secara mandiri segera menyusun laporan KKG, dilampiri dengan matrik, sertifikat dan surat tugas. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Sumarno selaku ketua MGBK rayon Wonogiri. Beliau mengucapkan selamat atas berakhirnya kegiatan KKG di Sub Rayon 04. Beliau juga berharap kegiatan ini dapat mendorong Sub Rayon MGBK lainnya untuk melaksanakan KKG secara mandiri.

Kegaiatan diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab dengan anggota lainnya, salah satunya adalah dari Titik M Guru BK di SMPN 1 Jatisrono, Beliau menyampaikan agar kita senantiasa lebih disiplin utamanya dalam mengikuti kegiatan KKG, karena kedisiplinan kita akan menjadi cerminan peserta didik kita. Kegiatan KKG di Paket 4 pertemuan ketiga ini berlangsung dari pukul 08.00-10.00 WIB.