MGBK Subrayon 04 Berbagi Tips dan Trik Lolos Ujian PPPK

Program bimbingan dan konseling merupakan dasar dan pedoman bagi guru BK dalam memberikan layanan kepada peserta didik. Oleh karena itu, guru BK dituntut mampu menyusun program BK yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan tugas perkembangannya. Sebagai upaya penyempurnaan penyusunan proram BK, Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) SMP Sub Rayon 04 Jatisrono menyelenggarakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 3 pertemuan pertama dengan Tema “Penyusunan Program BK Darurat Pandemi dan Tips Lolos ujian P3K”.

Kegiatan dilaksanakan secara daring menggunakan Google Meet Pada Senin, 2 Agustus 2021 pukul 08.00-12.00 WIB. Peserta kegiatan sebanyak 35 guru BK baik negeri maupun swasta di subrayon 04 Jatisrono. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara Bondan Novita Sari, guru SMPN 1 Jatisrono. Bondan membuka kegiatan dengan menyapa narasumber dan peserta yang telah bergabung diruang meet dan dilanjutkan menyampaikan susunan acara.

Isbudiyarti selaku Koordinator MGBK Subrayon 04 memberikan sambutan di awal kegiatan. Beliau menyampaikan motivasi kepada rekan-rekan Guru BK peserta PPPK untuk terus belajar dari berbagai sumber maupun rekan lainnya yang telah berhasil lolos dalam seleksi PPG maupun CPNS tahun sebelumnya. Beliau menegaskan bahwa walaupun WFH (work form home) bukan berarti libur tetapi tetap belajar dan produktif untuk memberikan layanan pada peserta didik dan menyusun program darurat pandemi sesuai dengan petunjuk dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Apresiasi yang setinggi tingginya untuk panitia yang memfasilitasi rekan-rekan peserta PPPK untuk berbagi pengalaman atau tips dan trik agar lolos ujian PPPK.

Kegiatan ini dipandu oleh Khoiriyah Dinawati, dari SMP Negeri 1 Girimarto yang bertindak sebagai moderator. Khoiriyah memandu acara dengan baik dari pukul 08.00 dan berakhir pukul 11.00 WIB. Kegiatan berlangsung sangat lancar baik pemaparan materi, diskusi dan tanya jawab dengan narasumber serta kesan dan pesan dari peserta KKG.

Kegiatan inti disampaikan oleh Ninuk Dwi Sutartini selaku pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan beliau memberikan gambaran yang jelas kepada calon peserta PPPK tentang peran, tugas, hak dan kewajiban jabatan P3K, serta perbedaan jabatan ASN dan P3K. Beliau juga memberikan motivasi untuk peserta P3K untuk terus belajar dan memanfaatkan kesempatan seleksi ini dengan baik, agar harapan dan cita-cita menjadi bagian dari ASN dapat tercapai.