MGBK  Subrayon  01 Wonogiri  dan  04 Jatisrono Bahas Karya dan Publikasi Ilmiah di Masa PJJ

MGBK Subrayon 01 Wonogiri dan 04 Jatisrono mengadakan KKG (Kegiatan Kolektif Guru) dengan tema “Karya dan Publikasi Ilmiah di Masa PJJ” (Selasa, 31/8/2021). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian guru dalam menyusun karya dan publikasi ilmiah di masa pembelajaran jarak jauh. Acara ini dianggap perlu dilakukan karena peran guru sekarang ini tidak hanya terbatas pada mengajar, membimbing dan mendidik. Tetapi guru juga dituntut untuk lebih produktif khususnya dalam bidang penulisan dan publikasi. Hal ini sangat bermanfaat untuk guru dalam melaksanakan tugasnya. Karya dan publikasi ilmiah merupakan bukti bawah kita sebagai guru senantiasa berusaha memberikan pelayanan yang maksimal dalam proses pembelajaran khususnya selama PJJ ini.

Kegiatan ini disambut baik oleh guru BK dari Subrayon 01, 02, 03, 04 dan 05 Kabupaten Wonogiri. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui Google Meet. Peserta kegiatan sebanyak 63 guru BK baik negeri maupun swasta. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Paryanti selaku moderator. Paryanti membuka kegiatan dengan menyapa narasumber dan peserta yang telah bergabung  diruang meet kemudian dilanjutkan dengan menyampaikan susunan acara. Paryanti memandu acara dengan baik dari pukul 08.00 dan berakhir pukul 10.30 WIB.

Isbudiyarti selaku Koordinator MGBK Subrayon 04 memberikan sambutan di awal kegiatan. Beliau menyampaikan pelaksanaan PJJ yang sudah memasuki tahun kedua memberikan tantangan tersendiri bagi guru untuk memberikan pembelajaran yang kreatif dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mengikuti PJJ. Temuan di lapangan dari kasus-kasus yang dialami guru dapat dijadikan rujukan dalam membuat best practice atau artikel ilmiah.

Narasumber pada KKG ini adalah Witono selaku Tim Penilai PAK Kabupaten Wonogiri, beliau memberikan gambaran yang jelas tentang macam-macam karya dan publikasi ilmiah yang dapat disusun selama PJJ. Dengan menyusun karya dan publikasi ilmiah proses pembelajaran akan semakin berkualitas. Dalam merencanakan sebuah karya perlu perencanaan yang baik, dibutuhkan data-data kualitatif atau kuantitatif yang berasal dari pengalaman yang dihadapai guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Guru juga dapat membuat video pembelajaran dengan durasi minimal 15 menit jika ingin dinilaikan dalam PAK. Peserta KKG sangat antusias dengan kegiatan diskusi dan tanya jawab dengan narasumber, sesi diskusi dan tanya jawab membahas kendala yang dihadapi saat menilaikan PAK.

brayon 01 Wonogiri dan 04 Jatisrono mengadakan KKG (Kegiatan Kolektif Guru) dengan tema “Karya dan Publikasi Ilmiah di Masa PJJ” (Selasa, 31/8/2021). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian guru dalam menyusun karya dan publikasi ilmiah di masa pembelajaran jarak jauh. Acara ini dianggap perlu dilakukan karena peran guru sekarang ini tidak hanya terbatas pada mengajar, membimbing dan mendidik. Tetapi guru juga dituntut untuk lebih produktif khususnya dalam bidang penulisan dan publikasi. Hal ini sangat bermanfaat untuk guru dalam melaksanakan tugasnya. Karya dan publikasi ilmiah merupakan bukti bawah kita sebagai guru senantiasa berusaha memberikan pelayanan yang maksimal dalam proses pembelajaran khususnya selama PJJ ini.

Kegiatan ini disambut baik oleh guru BK dari Subrayon 01, 02, 03, 04 dan 05 Kabupaten Wonogiri. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui Google Meet. Peserta kegiatan sebanyak 63 guru BK baik negeri maupun swasta. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Paryanti selaku moderator. Paryanti membuka kegiatan dengan menyapa narasumber dan peserta yang telah bergabung  diruang meet kemudian dilanjutkan dengan menyampaikan susunan acara. Paryanti memandu acara dengan baik dari pukul 08.00 dan berakhir pukul 10.30 WIB.

Isbudiyarti selaku Koordinator MGBK Subrayon 04 memberikan sambutan di awal kegiatan. Beliau menyampaikan pelaksanaan PJJ yang sudah memasuki tahun kedua memberikan tantangan tersendiri bagi guru untuk memberikan pembelajaran yang kreatif dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mengikuti PJJ. Temuan di lapangan dari kasus-kasus yang dialami guru dapat dijadikan rujukan dalam membuat best practice atau artikel ilmiah.

Narasumber pada KKG ini adalah Witono selaku Tim Penilai PAK Kabupaten Wonogiri, beliau memberikan gambaran yang jelas tentang macam-macam karya dan publikasi ilmiah yang dapat disusun selama PJJ. Dengan menyusun karya dan publikasi ilmiah proses pembelajaran akan semakin berkualitas. Dalam merencanakan sebuah karya perlu perencanaan yang baik, dibutuhkan data-data kualitatif atau kuantitatif yang berasal dari pengalaman yang dihadapai guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Guru juga dapat membuat video pembelajaran dengan durasi minimal 15 menit jika ingin dinilaikan dalam PAK. Peserta KKG sangat antusias dengan kegiatan diskusi dan tanya jawab  dengan narasumber, sesi diskusi dan tanya jawab membahas kendala yang dihadapi saat menilaikan PAK.