MGBK Subrayon 01 Wonogiri Bahas Aplikasi Instrumen Bimbingan

MGBK Subrayon  01 Kabupaten Wonogiri kembali melaksanakan KKG, Selasa 05 April 2022. Kegiatan Kolektif Guru dari MGBK Subrayon 01 dilakukan secara daring diikuti oleh seluruh  guru BK Subrayon  01. KKG dibuka oleh Herma Rusdianawati Guru BK SMP Negeri 1 Ngadirojo pada pukul 08.45 WIB. Pertemuan ini mengangkat tema Aplikasi Instrumentasi Bimbingan (AIB) dengan narasumber utama Winoto, Guru BK SMP Negeri 2 Nguntoronadi.

Kegiatan KKG diawali dengan sambutan tunggal oleh ketua MGBK Rayon Wonogiri, Sumarno Guru BK SMP Negeri 2 Wonogiri. Sumarno memberikan arahan berkenaan dengan pelaksanaan KKG tahun ini. Selain itu juga memberikan sedikit tausiah berkenaan dengan datangnya bulan Ramadan, yang intinya mengajak untuk melakukan ibadah puasa Ramadan dengan penuh keikhlasan dan kesabaran agar tujuan puasa yaitu meningkatkan ketakwaan bisa terwujud.

Acara dilanjutkan oleh narasumber Hardiyo, Guru BK SMP Negeri 2 Ngadirojo, dengan memberikan beberapa informasi berkenaan dengan administrasi setelah KKG apabila  peserta  akan menilaikan sertifikat sebagai unsur pengembangan diri dalam penyusunan angka kredit. Selain  itu beliau juga menyampaikan  berkenaan dengan AIB (Aplikasi Instrumentasi Bimbingan). Menurutnya pada masa sekarang dengan adanya kemajuan teknologi AIB menjadi sangat penting. Meski demikian pada intinya semua akan bisa memberi kemudahan untuk pelaksannaan bimbingan konseling di sekolah. AIB secara umum merupakan segala pemakaian instrument guna memperlancar pelaksanaan BK di sekolah. Sedangkan secara khusus merupakan kegiatan assesmen baik tes maupun  non tes dalam upaya pengumpulan data sekaligus menganalisisnya.

Sedangkan narasumber kedua Winoto yang sekaligus sebagai ketua MGBK Subrayon  01 Wonogiri, memberikan satu contoh tentang AIB yang dapat dikerjakan yaitu aplikasi kehadiran peserta didik. Menurutnya dengan aplikasi ini guru bimbingan konseling akan lebih mudah dan lebih cepat dalam memantau kehdiran masing-masing peserta didik dalam pembelajaran di sekolah. Dengan teranalisisnya kehadiran peserta didik tersebut harapannya guru BK bisa segera memberikan jenis layanan apa yang tepat untuk para peserta didik yang banyak absen di pembelajaran. Kegiatan KKG MGBK Subrayon  01 Wonogiri diakhiri dengan sesi tanya jawab dan dilanjutkan dengan  penutupan oleh pembawa acara dengan mengucapkan hamdallah.