MGBK Subrayon 01 Sukses Tuntaskan KKG Paket 1

MGBK Subrayon 01 menggelar KKG pertemuan ke-3 pada paket 1, Selasa  (9 Maret 2021). Seusai pertemuan ini MGBK Subrayon 01 sudah menyelesaikan Paket 1 dari keseluruhan 5 paket KKG MGBK 2021 ini. Pelaksanaan pertemuan ke-3 ini masih dilakukan secara daring melalui Microsof Teams. Kegiatan dibuka oleh Bambang WSNKH selaku pembawa acara tepat pada pukul 09.00 WIB. KKG kali ini dihadiri sekitar 54 peserta yang terdiri atas guru-guru anggota MGBK Subrayon 01, 02, 03, dan 05.

Agenda berikutnya sambutan Ketua MGBK Subrayon 01, Winoto. Dalam sambutannya beliau mengimbau seluruh peserta, untuk senantiasa mengikuti KKG ini dengan sebaik-baiknya, karena dengan KKG inilah sebagai guru Bimbingan Konseling akan mampu meningkatkan layanannya untuk seluruh peserta didik yang menjadi asuhannya. Selain itu beliau juga menyampaikan ucapan terimaksih kepada narasumber yang telah bersedia memberikan ilmunya kepada seluruh peserta KKG.

Pada kegiatan inti, disampaikan oleh narasumber pertama Ketua MGBK SMP Kabupaten Wonogiri, Sumarno. Materi yang disampaikan beliau terkait administrasi bimbingan konseling. Administrasi bimbingan konseling sangat penting bagi ketercapaian tujuan BK itu sendiri. Hal ini memberikan pemahaman bahwa keberhasilan BK di sekolah dapat dilihat dari administrasinya. Selain itu juga disampaikan bahwa administrasi yang kita laksanakan untuk berpedoman pada POP Bimbingan Konseling.

Narasumber kedua Hardiyo menyampikan hal-hal terkait dengan IKPD (Identifikasi Kebutuhan Peserta Didik). Hal ini merupakan lanjutan dari materi IKPD yang telah disampaikan oleh beliau pada pertemuan sebelumnya. Selanjutnya Hardiyo memberikan salah satu contoh IKPD yang bisa dipakai oleh peserta KKG untuk pelaksanaan layanan BK pada tahun mendatang. Namun menurut beliau, tidak menutup kemungkinan bahwa IKPD dengan aplikasi apapun bisa dipakai, yang penting aplikasi tersebut mampu mewakili kebutuhan peserta didik secara representatif.

Selanjunya pada sesi tanya jawab ada dua penanya yang memberikan tanggapan, yaitu Eni dan F.Nuri Budayanti. Eni menanyakan aplikasi Badowi tentang KKG, apakah bisa dipakai? Hal ini ditanggapi oleh Hardiyo yang menegaskan ulang bahwa aplikasi tersebut atau aplikasi yang lain seperti ITP/ATP, silakan dipakai asalkan kita mampu untuk menganalisisnya sehingga terhubung dengan program BK nantinya.

Adapun F Nuri Budayanti, menyampaikan usulan terkait pengembangan sayap BK ke arah kemajuan layanan, terutama dalam pengembangan IT. Hal ini disambut positif oleh Hardiyo selaku nara sumber. Selanjutnya beliau menjelaskan bahwa peserta KKG sangatlah heterogen, maka perlu adanya fundamental yang kuat dulu, baru setelah itu kita akan tinggal landas mengembangkan layanan BK lebih jauh. Namun demikian pada KKG berikutnya juga ada materi terkait dengan pengembangan IT dalam layanan BK di sekolah.

Akhirnya KKG MGBK Subrayon 01 ini ditutup oleh host Herma Rusdianawati dari SMP Negeri 1 Ngadirojo pada pukul 11.45 WIB. Namun sebelumnyaa beliau menyapaikan hal-hal terkait dengan administrasi layanan kepada seluruh peserta KKG, agar nantinya apabila KKG selesai dilakukan, semua peserta bisa memanfaatkan untuk nilai angka kredit.