MGBK Subrayon 01  Gelar KKG Paket 1 In Servis 2

Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK ) SMP Sub Rayon 01 kembali secara luring melaksanakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG ) Bimbingan Konseling yang bertempat di SMP IT Al HUDA Wonogiri, Selasa, 31 Januari 2023. KKG kali ini dihadiri oleh guru Bimbingan Konseling SMP Negeri dan Swasta se-Subrayon 01 Wonogiri. Adapun topik bahasan pada pertemuan ke dua paket 1 ini masih membahas tentang PMM (Platform Merdeka Mengajar ) dalam rangkaian kegiatan IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka ).

Kegian Kolektif Guru Bimbingan Konseling Subrayon 01 Wonogiri ini dibuka oleh  Retno Suryaningsih Guru BK SMP Negeri 1 Selogiri, selaku pembawa acara. Pada pukul 08.35 WIB dengan mengucap basmallah secara bersama-sama. Selanjutnya disampaikan ucapan selamat datang dan puji Syukur atas kehendak-Nya KKG bisa dilaksanakan di SMP IT Al-Huda ini. Setelah disampaikan susunan acara, kegiatan  dilanjutkan acara selanjutnya.

Sambutan pertama disampaikan oleh ketua MGBK Sub rayon 01 Wonogiri, Winoto Guru BK SMP Negeri 2 Nguntoronadi  Beliau menyampaikan ucapan puji syukur dan ucapan terimakasih kepada kepala sekolah SMP IT Al-Huda Wonogiri atas penyediaan tempat dan fasilitasnya untuk pelaksanaan MGBK pada hari ini. Di samping itu beliau juga menyampaikan bahwa pada topic bahasan pada pertemuan ini masih seputar PMM. Diharapkan peserta atau guru BK se-Subrayon 01 Wonogiri  untuk segera menyelesaikan PMM sampai aksi nyata topic 4.

Sambutan yang ke dua disampaikan oleh ketua MGBK Rayon Kabupaten Wonogiri Sumarno, yang juga guru BK SMP Negeri 2 Wonogiri beliau menyampaikan bahwa MGBK ini sebagai tempat untuk meningkatkan profesionalitas kita sebagai guru BK. Selain itu beliau juga menyampaikan sekilas tentang PMM.

Sambutan selanjutnya dari Kepala Sekolah SMP IT-Al HUDA (Sriyono ), beliau mengucapkan banyak terimaksih atas kehadiran bapak/ibu semua guru BK se sub rayon 01 Wonogiri. Juga permintaan maaf apabila fasilitas yang disediakan kurang berkenan. Selain itu beliau memberi motivasi kepada guru BK untuk melaksanakan tugas keseharian dengan penuh semangat meskipun pada era sekarang ini begitu banyak tantangannya.

Pada kegiatan inti KKG, Hardiyo Guru BK SMP Negeri 2 Ngadirojo memimpin secara langsung tentang PMM. Beliau menyampaikan panjang lebar terkait teknis pelaksanaan PMM yang diharapkan pada pertengahan Februari 2023 sudah mencapai aksi nyata pada topic 4. Berdasarkan itu maka Hardiyo mengharap guru BK semua untuk lebih memacu bagaimana strategi kita, menyisihkan waktu dan bagaimana caranya agar target PMM tahun ini terpenuhi. Berikutnya beliau mengkoordinir dengan cara kerja kelompok untuk saling membantu dalam pelaksanaan aksi nyata.

Setelah semua acara terlampui pada pukul 12.34 WIB akhirnya KKG ditutup oleh pembawa acara dengan membaca hamdallah secara bersama-sama.