MGBK Subrayon 01 Gelar KKG BK Paket 5 Pertemuan 2

Kegiatan Kolektif Guru (KKG ) Bimbingan Konseling Subrayon 01 pada Selasa, 21  September 2021, secara virtual digelar untuk menindaklanjuti KKG sebelumnya. KKG kali ini diikuti 0leh guru Bimbingan Konseling dari subrayon 01, 02, 03 dan 05. Namun sehubungan dengan adanya beberapa informasi yang akan disampaikan oleh ketua MGBK rayon maka guru BK yang berada di subrayon 04 diharapkan juga bisa bergabung dalam zoom KKG ini. KKG dibuka oleh pembawa acara/MC, Nur Anna (Guru SMP Negeri 1 Giriwoyo) pada pukul 08.15 WIB dengan mengucapkan basmallah bersama-sama. Selanjutnya MC mengajak mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT. yang telah memberikan rahmat-Nya kepada kita semuanya.

Acara yang kedua adalah sambutan tunggal yang disampaikan oleh ketua MGBK rayon Wonogiri, Sumarno. Dalam sambutannya beliau menyampaikan hal-hal terkait dengan akan dilaksanakannya diklat fungsional, dihimbau semua guru BK yang berada di Kabupaten Wonogiri untuk bisa mengikutinya. Hal ini dikarenakan materi diklat yaitu Penyusunan Best Practice merupakan materi yang up to date untuk kepentingan kita semuanya.

Dalam kegiatan inti KKG kali ini disampaikan oleh narasumber BK yaitu Hardiyo (Guru BK SMP Negeri 2 Ngadirojo) dengan memaparkan materi layanan BK Dukungan Sistem : Konferensi Kasus dan Kunjungan Rumah.   Beliau menyampaikan bahwa konferensi kasus merupakan  kegiatan untuk membahas dan menemukan penyelesaian masalah yang dihadapi peserta didik/konseli dengan pihak-pihak yang dapat memberikan keterangan, kemudahan dan komitmen. Konferensi kasus bersifat terbatas dan tertutup (rahasia), setiap pembicaraan yang terjadi hanya untuk diketahui oleh para peserta konferensi. Konferensi kasus dilakukan dalam suasana kekeluargaan dan bukan untuk menghakimi peserta didik/konseli. Sedangkan Kunjungan Rumah merupakan  kegiatan yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling atau konselor dalam rangka melengkapi data, klarifikasi, konsultasi dan kolaborasi melalui pertemuan tatap muka dengan orang tua/wali peserta didik/konseli di tempat tinggal yang bersangkutan. Dalam pelaksanaan kunjungan rumah, guru Bimbingan dan Konseling atau konselor perlu menyusun laporan pelaksanaan kunjungan rumah. Secara mendetail Hardiyo menyampaikan langkah-langkah pelaksanaan konferensi kasus dan kunjungan rumah tersebut.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan juga tanggapan dari peserta KKG. Pada acara ini, Eni menyampaikan kepada TIM KKG agar materi KKG kali ini dishare melalui WA grup agar peserta bisa memahami lebih intensif. Hal ini ditindak lanjuti oleh MC dan saat itu juga materi dishare. Pada acara ini, Sumarno selaku ketua panitia pelaksanaan diklat fungsional menegaskan kembali agar teman-teman guru BK segera mendaftar melalui link yang sudah disediakan dan masuk dalam grup diklat melalui tautan. Pada akhir KKG ditutup oleh MC pada pukul 11.10 WIB dengan mengucapkan Hamdallah secara bersama-sama. Sebelum Teams ditutup, dilakukan foto bersama sebagai dokumentasi kegiatan.