MGBK SR 01 SELENGGARAKAN  KKG BK PAKET 1

MGBK Subrayon 01 pada tahun ini kembali menggelar KKG. KKG BK subrayon 01 yang akan dilakukan terdiri dari 5 paket, masing-masing paket 3 pertemuan sehingga semuanya direncanakan 15 pertemuan. Adapun pertemuan untuk paket 1 pertemuan 1 dilaksanakan secara luring pada hari Selasa, 15 Maret 2022 di SMP Negeri 4 Selogiri, Wonogiri. Dengan diikuti oleh kurang lebih 30 peserta KKG dibuka pada pukul 08.45 WIB oleh, Ade Anandayu (Guru SMPN 2 Wonogiri ).

Setelah pembukaan, Winoto (Guru SMP Negeri 2 Nguntoronadi ) selaku ketua MGBK Subrayon 01 dalam sambutannya memberikan beberapa informasi, terutama terkait pelaksanaan KKG yang akan diselenggarakan mulai semester 2 tahun 2022 dan nanti akan berakhir pada semester 1 tahun 2022/2023. Beliau berharap semua guru bimbingan konseling di Subrayon 01 untuk aktif mengikuti KKG ini.

Selanjutnya Maryanto (Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Wonogiri ) dalam sambutannya juga menghimbau guru BK Subrayon 01 untuk selalu meningkatkan kemampuannya melalui berbagai kegiatan, salah satunya adalah KKG ini. Selanjutnya beliau juga memberi informasi berkenaan dengan prospek guru BK khususnya di Kabupaten Wonogiri.

Sumarno (Guru BK SMP Negeri 2 Wonogiri ) selaku koordinator MGBK Kabupaten Wonogiri dalam sambutannya memberikan dukungan kepada pengurus subrayon 01 yang telah melaksanakan KKG pada tahun ini. Harapannya KKG tahun ini dapat berjalan dengan lancar sesuai yang direncanakan. Selanjutnya beliau dengan ucapan basmallah membuka secara resmi KKG dalam tahun ini.

Kegiatan dari KKG paket 1 ini dipandu oleh Hardiyo ( Guru BK SMP Negeri 2 Ngadirojo) dengan  tema “Konseling individu”. Beliau merencanakan akan mengupas tuntas konseling individu ini dalam paket 1 atau selama 3 pertemuan. Adapun pada pertemuan ini yang dibahas antara lain konsep dasar konseling individu, urgensi konseling individu, azas dari konseling dan teknik umum dari konseling individu tersebut. Menurutnya Konseling merupakan proses interaktif yang dicirikan antara lain : mengarah kepada adanya perubahan perilaku, konstruksi pribadi, bagaimana mengatasi kesulitan hidup dan juga ketrampilan dalam mengambil suatu keputusan. Azas utama dari konseling perlu dikomunikasikan kepada klien, yaitu kerahasiaan, kesukarelaan, keterbukaan dan sebagainya. Sedangkan teknik konseling antara lain : attending, parapharasing, open question, refleksi, konfrontasi dan sebagainya. Semua dijelaskan dengan tuntas oleh Hardiyo.

Acara selanjutnya membahas tentang rencana pertemuan yang akan datang, hal-hal terkait administrasi KKG yang perlu disiapkan oleh peserta. Akhirnya KKG pada pertemuan 1 paket 1 ini ditutup dengan ucapan hamdallah bersama-sama pada pukul  12.10 WIB.