MGBK SMP Subrayon 05 Gelar Pembukaan KKG 2022

MGBK SMP Subrayon 05 Purwantoro Kabupaten Wonogiri menggelar pembukaan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) 2022. Kegiatan KKG pertemuan ke-1 diadakan Selasa, 8 Februari 2022 dimulai pukul 08.00 WIB, dipandu oleh Amalia. Kegiatan ini mengambil tema Penyusunan AKPD dan Action Plan dan dilaksanakan secara luring di SMP Negeri 2 Purwantoro. KKG dihadiri  Koordinator MGBK SMP Subrayon 05 Purwantoro Marsudi kepala sekolah SMP Negeri 4 Satap Kismantoro, Ketua dan pengurus MGBK SMP Subrayon 05. Kegiatan ini bertujuan untuk memenuhi tuntutan peningkatan kompetensi guru dalam kariernya dan meningkatkan kompetensi guru dalam memberikan layanan terbaik pada pendidikan di Kabupaten Wonogiri.

Kegiatan diawali dengan doa, dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, acara diawali dengan sambutan oleh Kepala SMP Negeri 2 Purwantoro yang diwakili oleh Dra. Pudyastuti, dan dilanjutkan oleh Ketua MGBK SMP Subrayon 05 Purwantoro Yanuar Prasetyanto sekaligus membuka pelaksanaan KKG MGBK SMP Subrayon 05 Purwantoro. Beliau menyampaikan KKG MGBK SMP Subrayon 05 Kabupaten Wonogiri direncanakan dalam 5 paket meliputi   Penyusunan AKPD dan Action Plan, Penyusunan Program BK, Penyusunan RPL Dasar dan Responsif, Penyusunan PI (Artikel BK), dan Pengembangan Media Layanan BK. Tujuan pelaksanaaan kegiatan tersebut agar  guru dapat memahami materi inti kegiatan kolektif guru kemudian mengimplementasikannya dalam praktik pembelajaran di sekolah masing-masing serta untuk kepentingan PKB guru baik pengembangan diri, publikasi ilmiah atau karya inovatif dalam rangka memajukan pendidikan di Wonogiri.  Kegiatan ini diikuti 26 peserta. Beliau berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan dari semua paket dengan baik.

Sambutan berikutnya oleh Koordinator MGBK SMP Subrayon 05 Purwantoro. Dalam sambutanya beliau menyampaikan agar senantiasa menjaga protokol kesehatan karena situasi pandemi covid 19 belum sepenuhnya mereda.  Selanjutnya beliau memberikan apresiasi kepada MGBK atas kebersamaan dan kekompakan MGBK SMP Subrayon 05 Purwantoro baik yang PNS ataupun non PNS.

Kegiatan inti KKG ini disampaikan Marsudi, Koordinator MGBK SR-05 dan dipandu oleh Retno Wahyuningtyas. Materi  KKG Paket 1 dengan tema Penyusunan AKPD dan Action Plan.  AKPD penting untuk dipahami dan dikuasi oleh guru BK selaku konselor sekolah, karena merupakan langkah awal seorang guru BK mengungkap kebutuhan dasar peserta didik hingga pengelolaan layanan untuk membantu peserta didik mencapai tugas perkembangan. Adapun langkah asesmen yakni pertama, mengidentifikasi data; kedua, memilih instrumen pengumpulan data sesuai kebutuhan; ketiga, mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menginterpretasi data hasil asesmen kebutuhan. Selanjutnya hasil asesmen dapat digunakan sebagai dasar untuk menyusun profil individu peserta didik, profil kelas, program tahunan dan semester, serta menyusun rancangan pemberian layanan.

Kegiatan diakhiri dengan diskusi, sharing dan tanya jawab dari peserta berkaitan dengan penyusunan AKPD. Hasil KKG paket 1 pertemuan pertama diharapkan guru BK menguasai konsep dan praktik asesmen kebutuhan peserta didik.