MGBK Rayon Wonogiri Sukses Gelar Bimtek Penyusunan Laporan Best Practice

Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) SMP Kabupaten Wonogiri bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri sukses menggelar inservice-2 Bimtek Penyusunan Laporan Best Practice. Kegiatan dilaksanakan secara virtual dengan Microsoft Teams pada Sabtu, 2 Oktober 2021 mulai pukul 08.00 WIB. Sebanyak 92 guru BK SMP baik negeri maupun swasta berpartisipasi sebagai peserta pada kegiatan ini.

Kegiatan ini dipandu oleh Hartanti yang bertindak sebagai moderator. Kegiatan diawali dengan pembacaan susunan acara dan pembukaan dengan bacaan basmallah. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia, Sumarno. Dalam sambutannya Sumarno mengucapkan terima kasih atas partisipasi aktif peserta dan  hasil pencapaian kegian in-1 dan on-1. Lebih lanjut, Sumarno menyampaikan bahwa kegiatan ini memiliki manfaat bagi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan khususnya bagi guru BK di Kabupaten Wonogiri. Sumarno berharap agar kegiatan sejenis dapat dilaksanakan secara rutin dan dapat diikuti dengan baik oleh semua peserta.

Kegiatan inti in-2 adalah pemaparan hasil kerja  kegiatan in-1 dan on -2. Masing-masing perwakilan dari Subrayon 01 sampai Subrayon 05 berkesempatan memaparkan hasil kerjanya. Hasil kerja yang dipaparkan berupa laporan best practice Bab 1, 2 dan Bab 3. Perwakilan peserta memaparkan dengan baik laporan best practice yang telah disusun sehingga semakin memberikan semangat kepada seluruh peserta untuk dapat menyelesaikan laporan best practice dengan baik dan lengkap. Selain pemaparan tugas, peserta juga dapat memberikan masukan terkait dengan paparan sehingga paparan laporan best practice dapat tersusun dengan baik.

Kegiatan diakhiri dengan diskusi, sharing dan tanya jawab dari peserta berkaitan dengan  penyusunan laporan Bab 1, 2 dan 3. Hasil kegiatan in-2 diharapkan seluruh peserta menguasai konsep dan kerangkap laporan best practice dari Bab 1 sampai Bab 3 sesuai dengan Buku 4 Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.