MGBK Rayon Wonogiri Gelar Sosialisasi IKM BK

MGBK Rayon Wonogiri mengadakan Pertemuan secara luring di SMP Negeri 2 Wonogiri dengan tema Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan dilaksanakan pada Selasa, 26 Juli 2022 mulai pukul 07.30 – 12.00 WIB dengan narasumber Ninuk Dwi Sutartini, Pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri dan moderator Nur Anna, guru SMP Negeri 1 Giriwoyo. 

Kegiatan ini diikuti 105 Peserta dan dibuka sambutan Ketua MGBK Rayon Wonogiri, Sumarno yang sekaligus memberikan laporan kegiatan. Sumarno berharap dengan diadakannya kegiatan ini peserta menghasilkan produk kegiatan berupa Perangkat Layanan dalam Kurikulum Merdeka yang disusun sendiri yang nantinya sebagai bukti pengumpulan tugas kegiatan. Sumarno memuji  peserta kegiatan yang semangat mengikuti kegiatan dengan sangat serius dan penuh tanggungjawab, dilanjutkan sambutan Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Wonogiri, dan sambutan terakhir dari Utomo Honru, Koordinator MGBK Rayon. Ninuk mengisi kegiatan inti dengan memaparkan materi tentang Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Bimbingan dan Konseling. Pemaparan materi diberikan dengan cukup jelas, mudah dimengerti, dan dipahami oleh peserta kegiatan.  Peserta merasakan mendapatkan gambaran berkaitan dengan penyusunan perangkat Layanan BK, karena hal ini adalah hal yang baru mengingat adanya  Kurikulum baru yakni Kurikulum Merdeka. Ninuk menekankan betapa pentingnya perencanaan kegiatan Layanan, terutama tentang Alur Capaian Layanan dan turutannya. Tanpa perencanaan yang matang mustahil keberhasilan kegiatan pembelajaran akan tercapai secara maksimal. 

Kegiatan inti selanjutnya adalah praktik secara kelompok. Ada 5 kelompok yang melakukan kegiatan tersebut. Kegiatan selanjutnya adalah presentasi hasil kerja kelompok. Di akhir kegiatan Nur Anna selaku moderator menyimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran akan berhasil sesuai yang diharapkan jika perencanaan dilakukan secara matang dan benar, untuk itu beliau memohon untuk semua peserta benar-benar mengambil manfaat dari kegiatan yang telah diselenggarakan ini.