MGBK Rayon SMP Tuntaskan Bimtek Penyusunan Laporan Best Practice

Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) SMP Kabupaten Wonogiri bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri sukses menggelar inservice-3 Bimtek Penyusunan Laporan Best Practice. Kegiatan dilaksanakan secara virtual dengan memanfaatkan aplikasi Microsoft Teams pada hari Sabtu, 9 Oktober 2021 mulai dari pukul 08.00 WIB. Sebanyak 92 guru BK SMP baik negeri maupun swasta berpartisipasi sebagai peserta.

Suhartanti dari SMPN 2 Jatiroto selaku moderator memandu jalannya kegiatan. Kegiatan diawali dengan pembacaan susunan acara dan pembukaan dengan bacaan basmalah. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia, Sumarno. Dalam sambutannya, Sumarno mengucapkan terima kasih atas partisipasi aktif peserta mulai dari inservice-1 hingga inservice-3.

Materi inti yang pertama dari Ninuk Dwi Sutartini, pengawas sekolah  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Dalam kesempatan ini dipaparkan mengenai 4 bidang layanan bimbingan dan konseling meliputi bidang pribadi, sosial, belajar dan akademik, serta karir dan studi lanjut. Keempat bidang layanan tersebut dapat diangkat dalam laporan best practice sesuai dengan pengalaman terbaik masing-masing guru.

Materi selanjutnya berkenaan dengan kelengkapan laporan best practice disampaikan oleh Tarmo, Kasi PTK SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Dalam presentasinya dipaparkan mengenai pedoman penyusunan laporan best practice yang sesuai dengan Buku 4 PKB agar dapat dinilaikan untuk keperluan penilaian angka kredit guru. Satu judul laporan best practice juga dapat dikembangkan untuk menyusun buku, artikel maupun jurnal. Beliau memotivasi seluruh peserta untuk terus berkarya dan mengasilkan publikasi ilmiah baik dari pengalaman terbaik mengajar maupun dari kegiatan inovatif lainnya di bidang Pendidikan.

Kegiatan diakhiri dengan diskusi, sharing dan tanya jawab dari peserta berkaitan dengan  penyusunan laporan best practice. Hasil kegiatan inservice-3 diharapkan seluruh peserta mampu menyusun laporan best practice sesuai dengan pengalaman mengajar terbaik dari masing-masing guru.