Menggelora, Guru dan Siswa Antusias Tunjukkan Aksi di FAM

Festival Agustus Merdeka (FAM) 2022 hari kelima menjadi ajang unjuk potensi bagi guru dan siswa di Kabupaten Wonogiri pada Jumat (5/8/2022). Kegiatan diiawali dengan pembukaan Porkab KORPRI di Gelanggang Olahraga Giri Mandala Wonogiri. Acara berlangsung meriah, sportif, dan penuh semangat dari para atlet andalan KORPRI.

Sore hari, alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri menjadi saksi bisu gelora kemeriahan FAM dalam rangka menyambut HUT ke-77 RI. Gelaran aksi siswa SD dan SMP menjadi wujud semangat generasi muda dalam mengisi kemerdekaan. Band pelajar yang tampil menggetarkan panggung FAM adalah Duet Gitar SMP 4 Selogiri, Ezdero Tirtomoyo Band dari SDN 2 Tirtomoyo, El-Nada Kids Band, dan aksi memukau Gema Heksa Persada dari Drum Band SDN 6 Wonogiri.

Penampilan para siswa SD dan SMP ini menjadi motivasi bagi sekolah lain untuk berkreasi dan bisa ikut tampil di kegiatan FAM tahun berikutnya. Tentu penampilan mereka memberikan rasa bangga bagi guru dan orang tua. Dua tahun kreativitas para siswa dan guru seperti terpenjara akibat pandemi, akhiranya dapat dibayar lunas melalui FAM. Orang tua siswa sangat antusias mendampingi putra-putri mereka yang berkesempatan tampil di FAM. “Saya sebagai orang tua sangat mendukung dan menginginkan kegiatan seperti ini terus dilakukan, agar anak-anak kami mengerti arti dari kemerdekaan” kata salah satu orang tua siswa. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri mendukung penuh kegiatan FAM sebagai wadah menyalurkan kreativitas bagi guru dan siswa, serta sebagai sarana mengembangakan potensi. Terbukti dengan kehadiran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Yuli Bangun Nursanti di tengah-tengah acara.

Malam hari, FAM juga dimeriahkan oleh Hayden and Friends Band, Vanya and Friends Band, Bobs Shympony Music, dan Campursari Paguyuban Pekerja Seni Wonogiri. Penonton yang hadir dari berbagai kalangan masyarakat memadati area Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri. Gegap gempita FAM masih terus berlanjut sampai 13 Agusutus dengan puncak acara penampilan grup band Padi Reborn. FAM tahun 2022 akan menjadi catatan sejarah di Kabupaten Wonogiri karena dapat menghadirkan band legendaris sekelas Padi Reborn yang tentu tidak diragukan lagi kualitasnya. Bertajuk “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”, FAM menjadi salah satu wujud pulihnya Kabupaten Wonogiri dari berbagai aspek. Menjadikan Wonogiri bangkit lebih kuat, memiliki sumber daya manusia yang tangguh dan pembangunan yang lebih kokoh. (ARP, Uyik, AIS).